Pemerintah Desa Poncokusumo Gelar Pesta Rakyat Menu Tradisional Dalam Rangka Bersih Desa Tahun 2019

  • 16-09-2019 / 20:35 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Pemerintah Desa Poncokusumo Gelar Pesta Rakyat Menu Tradisional Dalam Rangka Bersih Desa Tahun 2019 Kirab  Budaya Dalam Rangka Bersih Desa Poncokusumo berlangsung meriah.

MALANG - Selamatan Desa 2019 digelar Pemerintah Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Bertajuk Poncokusumo Duwe Gawe ke 3, kegiatan ini berisi beragam kegiatan. Kepala Desa Poncokusumo, M  Irwan, mengatakan rangkaian kegiatan bersih desa sendiri diawali pada Sabtu (14/9) lalu, yaitu dengan gelaran Kirab  Budaya. Kegiatan pawai Budaya diikuti perwakilan RT dan RW seluruh Desa Poncokusumo. 

Setelah Kirab  Budaya, besok harinya dilanjutkan dengan selamatan desa. Berbeda dengan desa lain yang memusatkan kegiatan selamatan desa di satu tempat. Di Desa Poncokusumo selamatan digelar di tiga tempat. Yaitu Balai Desa, Sanggar Pamujan dan Sumber Air Desa Poncokusumo. Bukan tanpa sebab, selamatan desa yang menjadi simbol rasa syukur ini digelar di tiga tempat tak lain untuk mendapatkan berkah. 

"Selamatan di sumber air ini diharapkan sumber airnya terus memancarkan air," kata Irwan. 

Usai selamatan desa, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pertunjukkan seni dan budaya. Digelar di lapangan Desa Poncokusumo, event ini menampilkan beragam kesenian tradisional warga. 

"Ini menjadi ajang ajang warga atau pelaku seni untuk unjuk gigi. Mereka menampilkan kesenian tradisional terbaik. Seperti kuda lumping, tari tarian tradisional, dan lainnya.

Seluruh kegiatan yang digelar tersebut akan ditutup dengan Pesta Rakyat Menu TradIsional yang digelar Rabu (18/9) mendatang. Pesta Rakyat ini tidak sekadar menjadi penutup, tapi juga menjadi puncak seluruh rangkaian kegiatan.

"Disini seluruh warga berpartisipasi, membawa makanan-makanan tradisional untuk dimakan bersama-sama. Tidak hanya warga asli Desa Ponsokusumo yang bisa makan secara gratis, tapi warga dari luar Poncokusumo juga bisa makan gratis," ungkap Irwan. 

Pesta Rakyat Menu Tradisional ini digelar di tepi jalan sepanjang 600 meter. "Ini merupakan tahun ketiga, kami menggelar Pesta Rakyat Menu Tradisional. Dan dari tahun ke tahun partisipasi warga terus meningkat," tambahnya. Untuk tahun ini, Irwan memperkirakan jumlah menu yang tersedia mencapai 5000 porsi.

"Itu semuanya dari warga. Kami hanya menyebarkan informasi kegiatan, kemudian warga merespon dengan berpartisipasi," tambahnya.

Kegiatan Pesta Rakyat Menu Tradisional ini rencananya dihadiri langsung oleh Bupati Malang H M Sanusi. Kegiatan ini digelar. Mulai pukul 13.00.

Bersih desa ini sendiri dikatakan Irwan digelar sejak lama. Bahkan sejak masa Hindu Budha. Bersih desa ini digelar tak lain untuk mempererat tali silahturahmi antar warga, sebagai wujud rasa syukur warga kepada Tuhan YME, karena telah memberikan nikmat dan karunia.

"Terakhir tujuannya, kegiatan ini digelar agar Desa Poncokusumo yang menjadi desa wisata memiliki icon. Dan harapannya melalui kegiatan ini kunjungan wisata di Desa Wisata Ponsokusumo semakin banyak, dan warga Desa Poncokusumo semakin sejahtera.(ira/Malangpostonline.com)

Editor : ira
Uploader : irawan
Penulis : ira
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU