Wisata Edukasi Milkindo, Hadirkan Pengalaman dan Kecintaan Dini Dunia Peternakan

  • 19-09-2019 / 19:19 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Wisata Edukasi Milkindo, Hadirkan Pengalaman dan Kecintaan Dini Dunia Peternakan Milkindo mencoba berkontribusi menanamkan kecintaan anak Indonesia pada dunia peternakan dan pertanian.

MALANGPOSTONLINE.COM - Sejumlah papan pengetahuan bertema 'Tahukah Kamu?' terpasang di beberapa blok miniatur wahana yang ada di Milkindo Kepanjen. Papan-papan ini berisi informasi singkat terkait dunia peternakan dan pertanian.

Beberapa diantaranya, papan tentang kandungan ikan lele yang sehat bagi ibu hamil dan perkembangan otak janin. Papan ini berada di samping tiga kolam kecil berisikan ikan lele.

Di sudut blok lainnya, berdiri bangunan menyerupai kandang lengkap dengan beberapa ekor sapi. Di bagian kandang ini, tertulis pengetahuan fakta manfaat susu sapi. Di tempat ini, sejumlah pemandu berjaga untuk menunjukkan cara memberi makan dan memeras susu sapi.

Di tempat yang mirip areal peternakan (farming area) ini, juga banyak tempat bersantai dan wahana permainan anak-anak. Tiap tempat ini disediakan kursi dengan pepohonan teduh, juga beberapa gazebo.

"Kami ingin lihat-lihat dulu, siapa tahu cocok untuk kegiatan bersama anak-anak. Kalau ke daerah Malang lainnya sudah pernah. Ya, cari yang agak ke selatan," demikian salah satu pengunjung, sebut saja Bunda Ama, Rabu (19/9) siang.

Bunda Ama mengaku berasal dari wilayah Kebonsari Sukun Kota Malang. Ia datang bersama empat sejawatnya yang juga para ibu-ibu.

Bagus (kanan) bersama GM Malangpostonline.com, siap jalin kerjasama.

 

Milkindo memang sudah lama menjadi alternatif jujugan untuk refreshing dengan konsep wisata edukatif. Letaknya berada di sekitar 5 kilometer ke arah selatan dari Kota Kepanjen Kabupaten Malang.

"Visi Milkindo memang memperkenalkan dunia peternakan, untuk menimbuhkan minat anak pada dunia ini sejak dini," kata GM Milkindo Bagus Cahyo, Rabu (19/9) siang.

Menurutnya, ini berangkat dari fakta bahwa dunia peternakan maupun pertanian kurang disukai anak jaman sekarang, terlebih menjadi pekerjaannya kelak.

"Nah, Milkindo mencoba berkontribusi menanamkan kecintaan anak Indonesia pada dunia peternakan dan pertanian. Dan, ini akan terus dilakukan hingga Milkindo bisa menjajikannya secara utuh melalui wisata edukasi yang dikembangkan," imbuh Bagus.

Ia lalu mencontohkan, meningkatnya minat dan kesukaan anak-anak ketika berkunjung ke Milkindo. Menurutnya, awal-awal pengunjung anak masih takut berlama-lama, apalagi berinteraksi dengan hewan yang ada.

"Tahun 2016an, awal tempat wisata ini dibuka, anak-anak banyak nangisnya. Nah, beberapa tahun terakhir mereka menjadi ketagihan dan selalu antusias mengunjungi wisata ini," bebernya.

Bagus Cahyo menegaskan, akan terus mengembangkan Milkindo menjadi miniatur farming yang rekreatif dan edukatif. Yakni, dengan menambah lebih banyak pilihan wahana bagi anak belajar tematik lingkungan. (amn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU