Bupati: Pengisian Kepala OPD Tunggu Persetujuan KASN

  • 19-10-2019 / 18:30 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Bupati: Pengisian Kepala OPD Tunggu Persetujuan KASN Bupati Malang, H M Sanusi

Malangpostonline.com - Pengisian jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Malang belum bisa dipastikan waktunya.  Karena sampai kemarin, surat usulan sembilan nama ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) belum mendapatkan jawaban. ”Iya masih menunggu. Tapi harapan kami akhir bulan ini sudah turun surat dari KASN,’’ kata Bupati Malang H.M. Sanusi, Sabtu (19/10).

Dia mengatakan, setelah surat dari KASN turun, Tim Pansel mengajukan nama yang diusulkan ke Bupati, untuk kemudian dipilih. Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten Malang membuka rekruitmen untuk tiga jabatan kepala dinas. Yaitu Dinas Kesehatan, Dinas PU Sumber Daya Air, dan Dinas Kominfo.

Rekruitemen itu diikuti 14 peserta. Dengan rincian enam peserta untuk Dinas Kesehatan, enam peserta untuk Dinas PU SDA dan empat peserta untuk Dinas Kominfo. Dari 14 tersebut, hanya sembilan nama yang diusulkan ke KASN untuk mendapatkan pesetujuan. Sembilan nama ini, tiga nama dari peserta rekruitmen Dinas Kesehatan, tiga nama dari peserta rekruitmen Dinas PU SDA, dan tiga nama dari peserta rekruitmen Diskominfo. Nama mereka diusulkan sesuai dengan point yang diperoleh selama tahapan seleksi.

Usul ke KASN merupakan sesuatu yang wajib dilakukan Pansel setelah peserta mengikuti beragam tahapan seleksi. Pansel akan menyerahkan nama-nama tersebut ke Bupati Malang setelah ada surat persetujuan dari KASN. ”Nanti setelah suratnya turun, kami memilih satu nama dari masing-masing dinas yang menggelar rekruitmen. Selanjutnya dilakukan pelantikan,’’ ungkapnya.

Mantan Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB), ini menyebutkan saat seleksi, dia sama sekali tidak dilibatkan. Bahkan dia juga tidak mau memberikan intervensi. Dia hanya menekankan kepada seluruh panitia, agar tidak salah memilih. Dan, nama yang diusulkan betul-betul orang yang profesional dan mampu melayani masyarakat. ”Selain pesan itu yang kami tekankan, ya semuanya ditangani Pansel. Saya tidak ikut-ikut,’’ katanya.

Sanusi mengaku sangat percaya dengan hasil rekruitmen oleh Pansel. ”Karena ada pedomannya. Artinya, sebelum rekruitmen dibuka, sudah ada acuan kriterianya. Jadi tidak mungkin Pansel salah memilih orang,’’ ungkapnya.

Dia akan memilih salah satu nama yang diusulkan sesuai dengan kapasitanya. Jika tidak sesuai dengan criteria, Sanusi tidak mau berandai-andai. Hanya saja dia kembali menegaskan, dan sangat yakin, nama-nama yang diusulkan itu sudah sesuai kriteria. ”Makanya tunggu dulu. Tunggu surat persetujuan dari KASN turun. Dari nama-nama yang dikirim itu, kami akan memilih masing-masing satu, untuk menduduki jabatan kepala dinas,’’ pungkasnya. (ira/udi/Malangpostonline.com)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU