Persiapan Pengamanan Pelantikan Presiden, Muspika Pakis Gelar Lomba Baris Berbaris

  • 19-10-2019 / 22:29 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Persiapan Pengamanan Pelantikan Presiden, Muspika Pakis Gelar Lomba Baris Berbaris Peserta lomba baris berbaris Muspika Cup Kecamatan Pakis mengikuti lomba dengan semangat.

Malangpostonline.com - Muspika Kecamatan Pakis memiliki cara berbeda untuk menciptakan suasana kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Minggu (20/10). Salah satunya dengan menggelar Lomba  Baris Berbaris.  Sabtu (19/10) kegiatan digelar di halaman Polsek Pakis.

Bertajuk Lomba Baris Berbaris Muspika Cup Kecamatan Pakis tahun 2019 kegiatan ini diikuti  17 peserta. Masing-masing,  15 peserta adalah anggota Linmas desa di Kecamatan Pakis, satu peleton Banser, dan satu peleton Senkom.

Lomba ini dihadiri langung oleh Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riyono.

Kepada malangpost.com, Sunardi mengatakan lomba baris berbaris ini digelar untuk kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Dimana Linmas merupakan satuan pengaman paling bawah, dan mereka juga terlibat dalam pengamanan.

"Tadi di awali dengan apel gelar pasukan ya. Ada arahan-arahan terkait kesiapan pengamaman pelantikan presiden dan wakil presiden besok (Minggu). Bahwa mereka ini juga dilibatkan dalam pengamanan," kata Sunardi.

Dia juga mengatakan, lomba ini sekaligus untuk memupuk kecintaan anggota Linmas terhadap NKRI.

Sunardi sendiri memberikan acungan jempol kepada seluruh peserta. Itu karena masing-masing peserta mengikuti lomba dengan sangat semangat.

"Hampir rata- rata anggota Linmas memiliki usia yang tidak muda. Tapi semangat mereka mengikuti kegiatan ini sangat luar biasa. Ini yang membuat kami sangat kagum," ungkap perwira dengan satu melati di pundak ini. Bahkan karena sangat heboh dan semangatnya para peserta, Sunardi pun berencana akan menggelar lomba ini tingkat Polres Malang.

"Jadi nanti masing-masing kecamatan mengadakan lomba. Pemenang lomba tingkat kecamatan mengikuti lomba Linmas tingkat Polres," ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Pakis, Iptu H Sutiyo SH. M.Hum mengaku lomba baris berbaris ini selain untuk kesiapan pengamanan presiden dan wakil presiden, juga untuk merekatkan tali silahturahmi.

"Ide lomba ini muncul dua pekan lalu. Seiring dengan rencana pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden. Kami mencoba untuk menggelar sesuatu yang berbeda. Dan Alhamdulillah, kegiatannya sukses," kata Sutiyo. Lomba baris berbaris ini digelar baru kali pertama. Namun melihat kemeriahannya, dia pun berencana menggelar lomba ini secara rutin.

Pemenang lomba ini diambil tiga terbaik untuk menjadi juara. Masing-masing pemenang akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

Sementara itu, lomba baris berbaris Muspika Cup Kecamatan Pakis berlangsung meriah. Masing-masing peserta berusaha tampil dengan baik. Namun demikian, karena waktu latihan yang kurang, banyak peserta yang tidak bisa tampil maksimal.

Bahkan ada beberapa peserta yang tidak singkron antara gerakan dengan aba-aba yang diucapkan komandan peleton. Salah satu contoh,saat komandan peleton memberikan aba-aba hadap kiri, ada peserta justru hadap kanan. Termasuk saat haluan kanan, ada  peserta yang tidak bisa, dan memilih diam di tempat. Hal ini membuat penonton maulun peserta lain tertawa. Sementata peserta sendiri tidak mau terpengaruh, dan tetap mengikuti lomba sampai dengan selesai.

Kegiatan lomba ini juga dihadiri oleh Danramil Pakis, Camat Pakis, dan seluruh kepala desa se Kecamatan Pakis.(ira/Malangpostonline.com)

Editor : ira
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU