Partai Gerindra Buka Pendaftaran Cakada

  • 26-10-2019 / 17:02 WIB
  • Kategori:Kabupaten,Politik
Partai Gerindra Buka Pendaftaran Cakada Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang, Chusni Mubarok.

Malangpostonline.com - PDI Perjuangan dan Partai Nasdem memastikan maju bertarung dalam Pilkada 2020 mendatang, dengan membuka penjaringan calon kepala daerah (Cakada). DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang juga tidak mau ketinggalan. Gerindra akan ikut bertarung dengan mengusung calon sendiri.

Demikian disampaikan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang, Chusni Mubarok, Sabtu (26/10). Chusni mengatakan, Partai Gerindra akan membuka pendaftaran dan penjaringan Cakada. Rencananya penjaringan calon akan dimulai pada awal November 2019.

"Sesuai hasil dari Konferensi Nasional (Konfernas) di DPP dan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di DPD Jatim, bahwa daerah yang akan melaksanakan Pilkada pada tahun 2020, dipersilahkan membuka pendaftaran dan penjaringan calon. Metodenya disesuaikan dengan DPC setiap daerah, karena perolehan kursi di DPRD berbeda," jelas Chusni Mubarok.

Khusus Kabupaten Malang, sebelum membuka pendaftaran dan penjaringan, Chusni mengaku akan mengumpulkan semua pengurus DPC Gerindra pada akhir bulan ini. Semua pengurus akan dimintai saran dan masukan pendapat, terkait formulasi penjaringan dan tahapan sebagainya.

Ketika sudah menemukan formulasi yang tepat, pendaftaran dan penjaringan akan segera dibuka. Targetnya pada awal November sudah bisa dimulai. Mengingat tahapan Pilkada 2020 juga sudah mulai dekat.

Terkait syarat maju Pilkada 2020, minimal harus memiliki 10 kursi di DPRD Kabupaten Malang. Sedangkan dalam Pileg 2019 lalu, Gerindra hanya mendapatkan 7 kursi, sehingga harus melakukan koalisi.

Chusni mengatakan, soal koalisi dirinya sudah berkomunikasi dengan semua partai politik. Terutama yang memiliki suara di DPRD Kabupaten Malang. Syarat koalisi itulah, yang akhirnya membuat Gerindra merumuskan formulasi terkait penjaringan.

"Kami tidak ingin hanya sekadar membuka pendaftaran, tetapi tidak bisa mempertanggung jawabkan. Karenanya ketika membuka harus bisa mempertanggungjawabkannya. Siapapun yang mendaftar, Gerindra siap mengusungnya maju dalam Pilkada 2020. Tentunya sesuai dengan aturan serta mekanisme yang berjenjang di DPC, DPD serta DPP," ungkapnya.

Lantas apakah nanti Cakada satu paket?. Chusni mengatakan akan ditentukan dalam formulasi. Dirinya juga akan mengkoordinasikan dengan Parpol koalisi. Bahkan diakui, bahwa Gerindra juga sudah berkomunikasi dengan calon atau tokoh yang selama ini muncul di permukaan menghiasi ruang publik.

"Orientasi kami adalah kader. Tetapi ketika nanti ada yang lebih baik dan terbaik untuk Kabupaten Malang, tentunya Gerindra siap mengusung. Karena Gerindra semangat memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Malang," urainya.

Soal kriteria calon, Chusni mengatakan, sesuai pesan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, adalah ingin menciptakan dan melahirkan pejuang politik yang punya kehendak politik baik. Dimana bisa bersama-sama dengan Gerindra membangun Kabupaten Malang serta masyarakatnya. Tentunya sesuai dengan visi misi Partai Gerindra. (agp/udi/Malangpostonline.com)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU