Lemkapi Berikan Empat Penghargaan Untuk Polres Malang

  • 28-10-2019 / 15:06 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Lemkapi Berikan Empat Penghargaan Untuk Polres Malang Direktur Eksekutif Lemkapi dan timnya, ketika memberikan empat penghargaan untuk Polres Malang.

Malangpostonline.com -  Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), memberikan empat penghargaan untuk Polres Malang, Senin (28/10) siang. Penghargaan tersebut sebagai wujud apresiasi dari Lemkapi terhadap Polres Malang, yang sudah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Eksekutif Lemkapi, Dr. Edi Saputra Hasibuan, SH, MH. Salah satu paramater pemberian penghargaan, karena selama ini wilayah Kabupaten Malang dinilai sangat aman dan kondusif.

"Paramater kedua, adalah pengamatan dari media sosial (Medsos). Dimana respon masyarakat terkait kinerja Polres Malang ini, sangat positif," jelas Dr. Edi Saputra Hasibuan, SH, MH.

Empat penghargaan tersebut, pertama diberikan kepada Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, yang dinilai sebagai Kapolres teladan. Implementasi komprehensif Promoter di Polres Malang, melalui program inovasi 77 Unggul telah berhasil meningkatkan standar kinerja satuan secara maksimal. Sekaligus, mampu merubah kultur kesatuan sesuai tuntutan dan apresiasi masyarakat. Serta, mampu mengelola media melalui pemanfaatan teknologi informasi yang dapat dirasakan langsung masyarakat sehingga meraih public trust.

Penghargaan kedua, diberikan kepada Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riyono. Karena berhasil mencegah terjadinya konflik sosial sesuai dengan atensi Kapolri. Yakni, melalui penerapan program 77 Unggul Kapolres Malang, yang dikolaborasi antara program weekly coffee morning dan program pengelolaan konflik sosial. 

Hasilnya, tidak kurang dari 30 embrio konflik dan konflik sosial berlatar belakang sengketa tanah antar warga, antara warga dengan pemerintah atau lembaga, bahkan konflik bernuansa sara yang bergulir di wilayah hukum Polres Malang, dalam kurun waktu tiga tahun ini berhasil diredam.

Penghargaan ketiga diberikan kepada Kasatlantas, AKP William Thamrin Simatupang, melalui creative break through SIMANIS (SIM Wanita Saja), yakni layanan pengurusan SIM khusus kaum wanita. Dimana program ini, mengakomodasi kesibukan tiada akhir kaum wanita dalam mengurus rumah tangga, tetapi ingin tetap bisa tertib berlalu linta dengan memiliki SIM saat berkendaraan bermotor.

Dimana program SIMANIS ini, wanita diberikan kemudahan berupa antrean khusus dan langsung dilayani Polisi Wanita di Satpas Singosari. Program ini, juga sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap hak kaum wanita.

Sedangkan penghargaan keempat, diberikan kepada anggota Bhabinkamtibmas Polsek Dampit, yakni Bripka Anton Sugiarto. Karena upaya dan dedikasi yang tinggi dalam membina generasi muda di wilayah Kabupaten Malang. Para pemuda dibina untuk menjauhi penyalahgunaan narkoba dan pencegahan terjadinya tindak pidana, melalui pendekatan religi.

"Penghargaan ini, kami berikan kepada polisi-polisi hebat, yang promoter dan sudah memberikan pelayanan pada masyarakat dengan baik. Sebelum memberikan penghargaan ini, kami sudah memantau kinerja Polres Malang selama 3 bulan. Selain dari Lemkapi, sebelumnya Polres Malang juga mendapat penghargaan dari Polda Jawa Timur," terang Edi Saputra Hasibuan.

Dikatakannya, bahwa untuk mendapat penghargaan ini, memang membutuhkan kerja keras serta inovasi yang baik dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Program 77 Unggul, sangat banyak sekali inovasi pelayanan, sehingga harus dicontoh oleh masyarakat.

"Begitu juga dengan inovasi SIMANIS, untuk memberikan pelayanan kepada wanita. Ini merupakan penghormatan kepada wanita dan ibu-ibu, dan menjadi salah satunya program baru. Kami harapkan bisa dicontoh oleh Polres lainnya," urainya.
Termasuk soal penanganan konflik sosial, yang merupakan program bagus. Karena sekecil apapun konflik sosial, ketika dibiarkan akan menjadi besar. Polres Malang, selama ini dinilai tanggap dalam melakukan penanganan, sehingga lebih 30 kasus konflik sosial berhasil diredam.

"Kinerja dan inovasi anggota Bhabinkamtibmas juga patut menjadi motivasi anggota lainnya. Karena bisa memberikan pendidikan kepada remaja, baik di lingkungan sekolah ataupun tempat ibadah. Dengan hadirnya anggota Bhabinkamtibmas yang bagus inilah, bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri," paparnya.

Terpisah, Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, bahwa Lemkapi adalah lembaga yang selama ini aktif menyoroti kinerja Polri. Penghargaan ini, merupakan penilaian yang sangat tinggi diberikan kepada Polres Malang. Karena dengan penghargaan ini, masyarakat semakin percaya dengan kinerja Polres Malang.

"Penghargaan ini, merupakan bonus untuk Polres Malang, yang nantinya menjadi pelecut dan motivasi untuk lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tegas Ujung. (agp/Malangpostonline.com)

Editor : agp
Uploader : irawan
Penulis : agp
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU