Lima Hari Lawang Heritage Fiesta, Pendapatan Capai Rp 2 Miliar

  • 03-11-2019 / 20:38 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Lima Hari Lawang Heritage Fiesta, Pendapatan Capai Rp 2 Miliar Carnival on street memeriahkan gelaran Lawang Heritage Fiesta hari terakhir, Minggu (4/11).

Malangpostonline.com -  Puluhan ribu pengunjung memadati area Lawang Heritage Fiesta hari terakhir, Minggu (3/11). Hadirnya carnival on street turut memeriahkan acara dan menjadi satu rangkaian yang ditunggu-tunggu masyarakat Lawang dan sekitarnya. Sedikitnya terdapat 30 kostum kreasi dari Gondanglegi dan 10 busana dari Jember Fashion Carnaval (JFC).

Tak hanya itu, parade busana masih berlanjut di malam harinya yang menampillan puluhan kostum dari Gondanglegi. Puluhan model mengenalkan satu per satu kreasi tersebut di atas panggung Lawang Heritage Fiesta.

Tim Kreatif Lawang Heritage Fiesta, Damarwangi, mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama lima hari tersebut telah menyedot puluhan ribu pengunjung. Selain menghibur masyarakat dengan carnival, mereka juga bisa menikmati suguhan stand tradisional hingga wahana bermain.

“Ada 40 stand yang berada di dalam dan 40 stand di luar, semuanya terbagi menjadi empat area yakni tradisional, VIP, wahana permainan dan pasar malam,” ujar Damar.

Masyarakat akan mendapati aneka stand mulai dari jajanan tradisional, makanan berat, aksesoris dan pakaian. Selain itu yang tak kalah menjadi buruan pengunjung adalah adanya wahana hiburan bagi anak-anak maupun orang dewasa tepat berada di tengah-tengah area.

Selain itu, konsep yang diusung juga terbilang unik. Sebagian besar stand didesain dengan menggunakan atap jerami khas tempo dulu bahkan penjual juga melengkapinya dengan busana kebaya maupun kain lurik.

“Perkiraan pengunjung hingga akhir tahun ini lebih dari 30 ribu orang, yang membedakan juga dari lima hari Lawang Heritage Fiesta hadir kami juga menggandeng provokasi Arbanat dan Arbanat Concert yang pada saat itu memberikan penampilan epiknya melalui sharing perkembangan Arbanat dan beberapa tembang jawa,” papar Damar.

Hari sebelumnya juga diadakan parade busana pengantin yang terbagi menjadi tiga kategori yakni tradisional, Eropa dan hijab. Parade ini diikuti oleh 18 make up artist Malang Raya.

Lawang Heritage Fiesta tahun pertama cukup sukses menggaet masyarakat dengan jumlah puluhan ribu pengunjung serta mendapatkan respon positif dari pemerhati budaya di Malang Raya. Dari segi ekonomi juga membuahkan hasil dengan perkiraan pendapatan mencapai 2 miliar selama lima hari.

“Asumsinya masing-masing stan pendapatannya Rp 750 ribu sampai Rp 3 juta, per hari pendapatan total kisaran Rp 400 jutaan,” pungkasnya.

Kesuksesan tersebut menjadi tonggak awal untuk menghadirkan kembali Lawang Heritage Fiesta di tahun depan. Tentunya dengan harapan menyajikan kegiatan yang lebih baik dengan memperkuat unsur budaya dan heritage di dalamnya. (lin/Malangpostonline.com)

Editor :
Uploader : irawan
Penulis : lin
Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU