Ketetapan UMK 2020, Tunggu Putusan Gubernur Jatim

  • 12-11-2019 / 15:58 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Ketetapan UMK 2020, Tunggu Putusan Gubernur Jatim Yoyok Wardoyo.

Malangpostonline.com - Upah minimum kabupaten/kota (UMK) untuk Kabupaten Malang pada tahun 2020, masih menunggu keputusan dari Gubernur Jawa Timur. Namun yang pasti draft usulan kenaikan UMK, sudah disampaikan ke Provinsi Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

"Draft usulan kenaikan UMK sudah kami sampaikan ke Gubernur Jatim. Sekarang tinggal menunggu keputusannya saja," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo.

Menurutnya, draft usulan kenaikan UMK untuk Kabupaten Malang tersebut, sudah dilayangkan pada tanggal 29 Oktober lalu. Usulan tersebut, kemudian dibahas serta dicermati oleh Gubernur Jatim. Baru kemudian usulan tersebut akan diputuskan.

"Selain Kabupaten Malang, kota dan kabupaten lainnya di Jawa Timur, juga sedang menunggu. Total ada 27 kota dan kabupaten yang sudah mengusulkan draft kenaikan UMK," terangnya.

Karenanya, Yoyok, berharap masyarakat serta para buruh di wilayah Kabupaten Malang, untuk bersabar menunggu. Ketika nantinya Gubernur Jatim sudah memutuskan, akan langsung disampaikan kepada masyarakat. Termasuk kepada pemilik perusahaan.

"Tunggu saja penetapannya. Kemungkinan sekitar tanggal 21 November nanti, sudah ada pengumuman keputusan soal UMK," katanya.

Dikatakannya, dalam draft usulan kenaikan UMK, Pemerintah Kabupaten Malang, mengajukan adanya kenaikan. Dari sebelumnya UMK sebesar Rp 2.781.564,24 naik menjadi Rp 3.021.530,66. 

Setelah nantinya keputusan kenaikan UMK sudah ditetapkan oleh Gubernur Jatim, diharapkan pemilik perusahaan bisa langsung menyesuaikan pemberian gaji pada karyawan atau buruh tahun 2020, sesuai dengan UMK. Kenaikan besaran UMK itupun, juga sudah melalui perhitungan serta pencermatan.(agp/Malangpostonline.com)

Editor : agp
Uploader : irawan
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU