Hari Pertama, Ribuan Pencari Kerja Serbu MJF 2019

  • 13-11-2019 / 17:33 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Hari Pertama, Ribuan Pencari Kerja Serbu MJF 2019 Para pencari kerja ketika mendatangi stand Millenial Job Fair 2019, yang diadakan Disnaker Kabupaten Malang.

Malangpostonline.com - Hari pertama Millenial Job Fair 2019 di halaman luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Rabu (13/11) langsung diserbu ribuan pencari kerja. Mereka mengadu nasib untuk mendapat pekerjaan. MJF 2019 ini, diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk memperingati Hari Jadi ke-1259 Kabupaten Malang.

Para pencari kerja yang melamar pekerjaan ini, datang dari berbagai latar pendidikan. Mulai dari pendidikan SMA/SMK se-derajat, hingga pendidikan S1. Mereka yang kebanyakan adalah kaum millenial, datang ke lokasi MJF 2019 sejak pagi hari.

Lusi Laitul, warga Desa Slorok, Kecamatan Kromengan ini misalnya. Wanita berusia 23 tahun yang baru lulus S1, mencoba peruntungan di MJF 2019. Ia berharap ada perusahaan yang dapat menerimanya bekerja.

"Saya baru kali pertama ini ikut Job Fair. Namun, melamar ke berbagai perusahaan sudah pernah dicoba, tetapi masih gagal. Berharap dari MJF 2019 ini ada perusahaan yang merekrut," ungkap Lusi.

Ia mengatakan, menjadi pengangguran tidak enak. Dia ingin sekali bekerja. Termasuk berharap Pemkab Malang, terus memberikan informasi lowongan pekerjaan, sehingga jumlah pengangguran bisa berkurang.

Sementara itu, pembukaan MJF 2019 secara resmi dibuka oleh Sekda Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono. Dengan adanya MJF, bisa menjadi solusi mencari pekerjaan untuk masyarakat. Sehingga jumlah pengangguran bisa ditekan.

"Untuk yang belum bekerja, jangan disebut pengangguran. Tetapi belum mendapat kesempatan kerja. Harapan kami, semuanya datang ke MJF 2019 bisa mendapat pekerjaan sesuai dengan keinginannya," jelas Didik.

Lebih lanjut, Didik, menginstruksikan kepada Pemerintah Kecamatan, supaya berkomitmen memfasilitasi para pencari kerja, untuk mendapat pekerjaan. Caranya bisa bekerjasama dengan perusahaan di masing-masing wilayah, untuk memberikan peluang kerja kepada warga di sekitarnya.

Tidak hanya itu, Didik juga berpesan kepada pencari kerja, supaya mempersiapkan diri sebaik mungkin. Tidak hanya dokumen sebagai persyaratan kerja, juga persiapan lainnya seperti pengetahuan untuk menjalani tes kerja.

"Apabila sudah mendapat pekerjaan, harus benar-benar amanah. Disiplin serta taat terhadap aturan perusahaan. Termasuk menjaga kondusifitas di perusahaan sehingga merasa aman dan nyaman dari apapun," pesannya.

Terpisah, Kepala Bidang Penempatan Kerja Disnaker Kabupaten Malang, Rahmat Yuniman menuturkan, kegiatan​ Milenial Job Fair 2019 dikemas menarik. Para pencari kerja, juga diberikan edukasi dalam dunia kerja. 

"MJF 2019 ini, dibuka selama dua hari sampai Kamis (14/11). Ada 80 perusahaan yang terlibat dan siap menampung para pencari kerja," ucapnya.(agp/Malangpostonline.com)

Editor : agp
Uploader : irawan
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU