Pantai Modangan Jadi Tempat Kejuaraan Paralayang

  • 21-11-2019 / 22:37 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Pantai Modangan Jadi Tempat Kejuaraan Paralayang PARALAYANG: Para atlet begitu antusias mengikuti kejuaraan Paralayang di Bukit Waung, finis di Pantai Modangan, Kecamatan Donomulyo tahun lalu, dan tahun ini kejuaraan yang sama digelar kembali.

Malangpostonline.com, DONOMULYO- Kejuaraan Paralayang Trip Of Indonesia seri ke-4 digelar Pemerintah Kabupaten Malang di wilayah Kecamatan Donomulyo. Event tersebut dipastikan bakal menggemparkan, karena peserta tidak hanya mengikuti kejuaraan, tapi mereka juga dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa. "Start nanti dari Bukit Waung, finish di area Pantai Modangan," kata Kepala Dinas Pstiwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Dr Made Arya Wedanthara SH, MSi, kemarin.

Dia mengatakan, kejuaraan paralayang ini merupakan rangkaian Malang Beach Festival 3 yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1259. "Dalam kejuaraan ini peserta akan diadu dalam hal ketepatan (Accuracy)," tambah Made.

Menurutnya, kembali memilih wilayah Kecamatan Donomulyo karena di wilayah itu memiliki pemandangan yang luar biasa. "Tidak banyak tempat paralayang yang menyajikan pemandangan pantai. Di Donomulyo ini ada," tambah pria yang juga didapuk menjadi Ketua Panitia Hari Jadi ke 1259 ini.

Dia mengatakan, event yang digelar itu memiliki konsep sport dan wisata. Menurut Made, Pantai Modangan dinilai bisa menjadi daya tarik yang patut diolah. Tidak hanya sebagai sarana pengembangan olahraga paralayang, tetapi juga pertumbuhan ekonomi kerakyatan. "Kami ingin pantai Modangan lebih dikenal wisatawan dan masyarakat luas sebagai pantai yang identik dengan olahraga Paralayang, karena Pemkab Malang juga ingin fokus mengembangkan sport tourism," paparnya.

Pantai Modangan bukan baru kali ini saja menjadi venue event paralayang bertaraf nasional. Pada tahun 2019 lalu, kejuaraan paralayang juga sudah digelar di pantai yang menjadi batas alam pemisah antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang tersebut. Oleh karena itu, pihaknya berharap, dengan adanya event seperti ini, kedepannya bisa turut mendongkrak wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang, khususnya ke pantai.

Kejuaraan Paralayang TROI itu terdiri dari lima seri sepanjang tahun 2019. Yakni dengan mempertandingkan enam kelas, antara lain kelas putra senior, putri senior, putra junior, putri junior, tandem, dan kelas master yang khusus bagi pilot berusia lebih dari 50 tahun. Sebelum digelar di Pantai Modangan, TROI seri III sudah digelar di Mandalika, Lombok tengah pada 29 Agustus-1 September 2019 lalu.

Untuk pesertanya, sampai kemarin sebanyak 200 orang. Mereka datang dari berbagai daerah.

"Informasi terkait event ini sudah kami sebarkan jauh hari sebelumnya,  melalui media sosial. Untuk peserta sudah mendaftar secara online," tambahnya.

Kejuaraan paralayang itu digelar selama tiga hari, mulai Jumat sampai dengan Minggu, 22-24 November, dan akan dibuka Bupati Malang H.M Sanusi. (ira/udi/Malangpostonline.com)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU