Pabrik Gula Merah di Wajak Terbakar

  • 24-11-2019 / 16:36 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Pabrik Gula Merah di Wajak Terbakar Petugas dibantu warga ketika berusaha melakukan pembasahan untuk memadamkan api.

Malangpostonline.com - Pabrik penggilingan gula merah di Dusun Napel, Desa Sukolilo, Wajak, Sabtu (23/11) sore terbakar. Kebakaran diduga karena percikan api dari las listrik, yang menyambar tumpukan sampah dan ampas tebu.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun kerugian yang dialami Hj. Lilik, 60, pemilik pabrik penggilingan gula merah cukup besar. Yakni ditafsir sekitar Rp 25 juta lebih.

"Lokasi yang terbakar hanya sebagian bangunan pabrik saja. Penyebabnya karena percikan api dari las listrik," ujar Kapolsek Wajak, AKP Wiji.

Diperoleh keterangan, sebelum terjadi kebakaran yang menghebohkan warga sekitar, saksi Saiful, 45, warga Desa Krebet, Bululawang, sedang mengerjakan pembuatan atap. Karena bahannya terbuat dari besi, maka untuk menyambung menggunakan las listrik.

Ketika sedang mengelas ini, tanpa disadari percikan api dari las listrik jatuh di atas tumpukan sampah dan ampas tebu. Karena kondisinya kering dan angin kencang, akhirnya membuat api cepat membesar dan merembet.

Melihat ada api yang besar, Saiful, dibantu pekerja lain dan warga sekitar, lantas berusaha memadamkan api dengan cara manual. Tetapi bukannya padam, api malah semakin besar.

Khawatir api merembet ke bangunan lainnya, warga lantas menghubungi petugas Polsek Wajak. Selanjutnya meneruskan laporan ke petugas PMK PT Pindad Turen dan PMK Kabupaten Malang.

Tidak kemudian, satu mobil PMK milik PT Pindad Turen tiba di lokasi. Tak berselang lama dua armada PMK Kabupaten Malang juga datang di lokasi. Selanjutnya berusaha memadamkan api.

Hasilnya tidak sampai satu jam melakukan pembasahan, akhirnya api berhasil dipadamkan. Namun sebagian bangunan dan beberapa peralatan berharga, sudah ludes terbakar.

"Hanya kerugian materiil saja, tidak sampai ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa kebakaran tersebut," tutur Wiji.(agp/Malangpostonline.com)

Editor : agp
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU