Sanitation Awards 2019

KPP Bersama Singosari Buat Kualitas Hidup Masyarakat Meningkat

  • 05-12-2019 / 18:34 WIB
  • Kategori:Kabupaten
KPP Bersama Singosari Buat Kualitas Hidup Masyarakat Meningkat BERKELANJUTAN: KPP Bersama di Singosari memanfaatkan IPAL komunal secara berkelanjutan.

Malangpostonline.com - Kecamatan Singosari sebagai kandidat kawasan satelit Kabupaten Malang selain Kepanjen, dipersiapkan untuk berkembang secara ekonomi. Tapi, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, juga mempersiapkan kawasan tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup warga, terutama dari segi sanitasi.

KPP Bersama di Jalan Anusapati, Kelurahan Candirenggo, Singosari, memiliki satu wilayah permukiman yang memanfaatkan IPAL komunal secara berkelanjutan. Bendahara KPP, Iwan Sukiwan menyebut, ada 74 KK atau sekitar 300-an warga, memanfaatkan IPAL komunal dari proyek USRI tahun 2013.

“Sebagian warga dulu sebelum ada IPAL komunal, membuang limbah rumah tangga ke sungai. Situasi ini berubah sejak ada IPAL komunal. Masyarakat cukup antusias menyambutnya karena ada pemanfaatan IPAL komunal yang dikelola KPP Bersama,” kata Iwan kepada Malangpostonline.com

Pada awal dibangun tahun 2012 dan beroperasi pada 2013, ada 68 KK yang menjadi pemanfaat awal. Sekarang, jumlah pemanfaat ipal komunal berkembang menjadi 74 KK. Hal ini tentu saja memberi harapan bahwa perubahan perspektif soal sanitasi, makin terlaksana di kawasan Jalan Anusapati.

Tim juri Sanitation Awards 2019, gabungan dari DPKPCK, Dinkes Kabupaten Malang, DLH Kabupaten Malang sampai Bappeda dan Aksansi, mendatangi Candirenggo untuk melihat langsung manajemen pengelolaan IPAL. Tak hanya itu, tim juri, juga melakukan pengecekan terhadap ketertiban administrasi KPP Bersama.

Beberapa indikator penilaian, antara lain Surat Keputusan penunjukan KPP oleh kepala desa, buku tamu, buku iuran warga, pemeliharaan berupa penyedotan rutin, pembersihan fisik dan pemeliharaan lokasi IPAL, pemanfaatan untuk usaha lain, hingga sosialisasi soal IPAL komunal yang biasanya dilakukan dalam pertemuan warga.

Joko Ervanto, anggota tim juri Sanitation Awards 2019, menilai secara umum, perlu ada peningkatan dan pemeliharaan yang lebih rutin lagi dalam pengelolaan IPAL komunal. Tak hanya di Candirenggo, seluruh finalis Sanitation Awards 2019, masih memiliki ruang untuk meningkatkan kualitas pengelolaan IPAL komunal.

Dia berharap, adanya Sanitation Awards 2019 ini bisa merangsang semangat KPP untuk terus eksis dan tertib dalam memelihara IPAL komunal. Terutama, karena gaya hidup bersih dan menjaga sanitasi, bermanfaat bagi kesehatan keluarga, serta pelestarian lingkungan. (fin/mar/Malangpostonline.com)

Editor : mar
Uploader : slatem
Penulis : fin
Fotografer : fin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU