DPKPCK Kabupaten Malang

KP-SPAMS Sumber Waras Jamin Kebersihan Air

  • 07-12-2019 / 16:20 WIB
  • Kategori:Kabupaten
KP-SPAMS Sumber Waras Jamin Kebersihan Air SANTAI: Juri Lomba KP-SPAMS Berkinerja Terbaik 2019 sedang melakukan tanya jawab dengan pengelola KP-SPAMS Sumber Waras.

Malangpostonline.com - Lomba KP-SPAMS Berkinerja Terbaik 2019 Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang memberi peluang bagi pengelola Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk menjaga kualitas pelayanannya. Sudarmawan, Ketua KP-SPAMS Sumber Waras Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso menyebut pihaknya melayani 159 sambungan rumah setiap hari.

“Dari total 159 sambungan rumah ini, pemanfaat berasal dari beberapa dusun, yaitu Dusun Ngenep Krajan, Lowoksari, serta Kubung. Semua dusun itu masih berada di wilayah Desa Ngenep,” kata Wawan, kepada Malang Post. Dia mengungkapkan, Pamsimas mulai masuk wilayah Ngenep pada tahun 2018. Pertengahan tahun, terjadi pembangunan saluran Pamsimas.

Sementara, saluran rumah mulai teraliri air dan aktif pada November 2018, sampai Desember 2019 saat ini. Sebelum ini, Wawan menyebut bahwa warga Ngenep, lebih banyak menggunakan sumur bor yang dibiayai sendiri, atau swadaya. “Ada yang bikin sumur sendiri, ada pula yang swadaya dikelola bersama. Sumber airnya banyak ambil di Sumber Nyolo,” tegas Wawan.

Dia mengatakan, program Pamsimas sangat membantu masyarakat pemanfaat. Selain debit air yang cukup besar, air yang disediakan oleh Pamsimas juga bersih. Wawan menyebut saluran air dari Pamsimas yang melayani 159 KK tersebut jarang macet. Kalaupun ada kebocoran dan persoalan, akan langsung ditangani oleh tim teknis KP-SPAMS dengan secepat mungkin.

“Kami punya tim teknis yang bisa bergerak secepat mungkin menangani keluhan masyarakat soal saluran air. Tak hanya itu, pengecekan rutin pipa serta tandon utama juga terus dilakukan,” tambahnya. KP-SPAMS Sumber Waras, dengan sekretariat Dusun Ngenep Krajan, Desa Ngenep, juga mengelola iuran dari pemanfaat Pamsimas.

Namun, iurannya dipatok murah, dengan mengedepankan prinsip penggunaan secara proporsional. Dengan memakai banyak air, tentu iuran akan bertambah. Tarif satu meter kubik air di KP-SPAMS Sumber Waras, adalah Rp 1.750. Jika ada kenaikan penggunaan air, maka tarif yang diterapkan flat sesuai penggunaan, tak ada progresif. (fin/mar/Malangpostonline.com)

 

Editor : mar
Uploader : slatem
Penulis : fin
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU