DPKPCK Kabupaten Malang

KP-SPAMS Sumber Barokah Sisihkan Untung untuk Kegiatan Sosial

  • 08-12-2019 / 17:50 WIB
  • Kategori:Kabupaten
KP-SPAMS Sumber Barokah Sisihkan Untung untuk Kegiatan Sosial SIAP: Pengurus KP-SPAMS Sumber Barokah siap memberikan sebagian keuntungan untuk kegiatan sosial bagi masyarakat kurang mampu.

Malangpostonline.com - Tak hanya menyediakan air bersih bagi para konsumen di Desa Dawuhan, Kecamatan Poncokusumo, KP-SPAMS Sumber Barokah, juga aktif dalam kegiatan sosial. Ketua KP-SPAMS Sumber Barokah, Sunarko menyebut kegiatan sosial ini, masih berkaitan dengan penyediaan air. “Jadi, total sambungan di KP-SPAMS ini adalah 200 sambungan,” terangnya kepada Malang Post.

Kata dia, sejumlah 189 sambungan, adalah sambungan konsumen, sementara 11 sisanya adalah sosial. “Yaitu, untuk sambungan air di masjid, sekolahan, serta warga tidak mampu,” kata Narko, sapaan akrabnya. Ini dikatakannya saat penilaian finalis lomba KP-SPAMS Berkinerja Terbaik 2019 Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang.

Menurut Narko, warga yang tidak mampu, mendapat tarif murah. Untuk penggunaan air 1 sampai 10 meter kubik, KP-SPAMS tidak menarik biaya. Warga tidak mampu ini, hanya ditarik Rp 2.000 untuk biaya perawatan dan pemeliharaan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). “Kecuali, pemakaian airnya di atas 10 meter kubik, baru ditarik iuran,” ujarnya.

Sementara, untuk konsumen normal, ditarik iuran progresif yang menegakkan prinsip pemerataan. Penggunaan air 1-10 meter kubik, ditarik Rp 10.000. Lalu, pemakaian air 11-15 meter kubik, dihitung Rp 1.000 per meter kubik. Untuk penggunaan air 16 sampai 25 meter kubik, ditarik Rp 1.500 per meter kubik. Sementara, pemakaian di atas 26 meter kubik, ditarik Rp 2.000 per meter kubik.

Penarikan iuran dilakukan tiap tanggal 1 hingga 10 tiap bulan, di sekretariat Pamsimas, Dusun Duren, RT46 RW11, Desa Dawuhan, Kecamatan Poncokusumo. “Telat bayar, ada denda Rp 2.000, atau dua persen dari total tagihan,” ujar Narko. “Pelanggan Pamsimas di KP-SPAMS berasal dari Dusun Dompyong dan Duren. Tiap tanggal 25, ada perkumpulan membahas pelaksanaan pelayanan air bersih,” tambahnya.

Dalam pertemuan itu pula, ada input dari konsumen. “Kalau ada persoalan, dibahas di forum juga,” tandas pria 38 tahun tersebut. Tak hanya fokus pada pengelolaan rutin penyediaan air, KP-SPAMS Sumber Barokah, sangat aktif dalam kegiatan sosial. Jelang Idul Fitri, KP-SPAMS yang berdiri tahun 2018 ini, bisa memberikan puluhan bingkisan sembako bagi warga kurang mampu.

Tak hanya konsumen Pamsimas, warga pra sejahtera non konsumen Pamsimas, juga menerima bingkisan. “Kami juga sempat melakukan santunan belasan anak yatim, serta pembuatan jamban sehat untuk keluarga prasejahtera di lingkungan KP-SPAMS Sumber Barokah. Kami ingin benefit warga bukan cuma air yang lancar 24 jam, tapi juga menyentuh aspek sosial juga,” tutup Narko. (fin/mar/Malangpostonline.com)

Editor : mar
Uploader : irawan
Penulis : fin
Fotografer : fin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU