Satpol PP Wacanakan Linmas Juga Bertugas Penanggulangan Bencana

  • 09-12-2019 / 17:44 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Satpol PP Wacanakan Linmas Juga Bertugas Penanggulangan Bencana Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Nazarudin Hasan.

Malangpostonline.com - Peran petugas Linmas di setiap kecamatan akan lebih dimaksimalkan. Mereka nantinya tidak hanya sebagai petugas keamanan dan perlindungan di masyarakat, tetapi juga bisa menjadi petugas yang tanggap bencana. Hal ini disampaikan Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Nazarudin Hasan, Senin (9/12).

"Kami ingin peran petugas Linmas lebih maksimal. Tidak hanya terlibat pengamanan Pilkades atau Pilkada, tetapi bagaimana juga sebagai penanggulangan bencana," ungkap Nazarudin Hasan.

Untuk mewujudkan itu, Satpol PP Kabupaten Malang akan membentuk satu pleton Linmas di setiap kecamatan. Minimal, satu pleton beranggotakan antara 30 sampai 50 anggota. Itupun sebelumnya mereka harus diberikan pelatihan khusus.

"Ketika pleton Linmas di setiap kecamatan sudah terbentuk, mereka bisa menjadi petugas reaksi cepat untuk menanggulangi bencana di Kabupaten Malang. Sebelum petugas lainnya turun ke lokasi, para anggota Linmas ini sudah lebih dulu turun ke lokasi kejadian bencana," terangnya.

Tetapi, untuk membentuk satu pleton Linmas di setiap kecamatan, membutuhkan anggaran yang cukup besar. Setidaknya, dengan 33 pleton sesuai dengan jumlah kecamatan, membutuhkan biaya sekitar Rp 1 miliar lebih.

Nilai anggaran tersebut, diakui cukup besar dan berat. Pasalnya, anggaran APBD tidak mencukupi lantaran terbatas. "Tetapi pada waktu PAK nantinya, kami akan mencoba mengajukannya. Sehingga rencana satu pleton Linmas tiap kecamatan bisa segera terealisasi," jelasnya.

Lebih lanjut, Nazarudin mengatakan, ketika rencana pembentukan satu pleton Linmas di setiap kecamatan bisa terlaksana, anggotanya bisa dari anggota Linmas yang ada di setiap desa. Mereka dipilih yang potensial, sehingga tidak perlu ada perekrutan anggota baru.

"Jumlah anggota Linmas di Kabupaten Malang, cukup banyak yakni sekitar 12.980 orang. Sehingga tidak harus ada perekrutan baru, melainkan memanfaatkan anggota Linmas yang sudah ada," pungkasnya. (agp/udi/Malangpostonline.com)

Editor : udi
Uploader : irawan
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU