DPKPCK Kabupaten Malang

Konsumen Bentuk Badan Pengawas di KP-SPAMS Sumber Rejeki

  • 09-12-2019 / 19:23 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Konsumen Bentuk Badan Pengawas di KP-SPAMS Sumber Rejeki SEKRETARIAT: Juri lomba KP-SPAMS Berkinerja Terbaik 2019 bersama pengurus KP-SPAMS Sumber Rejeki di depan sekretariat kantor KP-SPAMS Sumber Rejeki.

Malangpostonline.com – Lomba KP-SPAMS Berkinerja Terbaik 2019 Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang menyemangati para pengelola Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk meningkatkan layanannya. KP-SPAMS Sumber Rejeki di Desa Wajak, Kecamatan Wajak, melayani sekitar 530 sambungan rumah.

“Pamsimas yang dikelola KP-SPAMS Sumber Rejeki, melayani antardusun dan antardesa. Yaitu, Dusun Pakem Desa Wajak, Dusun Pijetan Desa Blayu Kecamatan Wajak, dan Dusun Dompyong, Desa Dawuhan, Kecamatan Poncokusumo,” kata Dasuki, Ketua KP-SPAMS Sumber Rejeki kepada Malangpostonline.com

Dia memaparkan, sebelum ada Pamsimas, sudah ada program penyediaan air dari program pemerintah pusat. Namun, baru pada tahun 2017 setelah Pamsimas, mulailah dibuat program untuk penertiban penggunaan air. Terutama, soal tata kelola pemanfaatan air yang menegakkan prinsip keadilan. Yaitu, meteran dalam menggunakan air.

“Dari 0-10 meter kubik, iuran Rp 10.000, untuk 11 sampai 20 meter kubik, per kubiknya Rp 750. Tapi, itu untuk warga Dusun Pakem, tempat sumber air Pamsimas Sumber Rejeki. Sementara, dusun di luar Pakem, tarifnya Rp 1.000 per meter kubik dan berlaku progresif,” tambah Dasuki. Tiap tiga minggu sekali, ada pertemuan dan pengecekan rutin pipa-pipa Pamsimas.

Termasuk pula semua fasilitas yang menunjang kelancaran penyediaan air. Dasuki menegaskan KP-SPAMS Sumber Rejeki tidak menunggu ada komplain konsumen untuk melakukan pemeliharaan. Selain itu, untuk pengawasan pengelolaan KP-SPAMS Sumber Rejeki, konsumen membentuk badan pengawas. “Setiap tahun, akan ada pleno dengan konsumen,” terangnya. (fin/mar/Malangpostonline.com)

Editor : mar
Uploader : slatem
Penulis : fin
Fotografer : fin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU