Sanankerto Butuh Jalan Aspal dan Lampu Lalin

  • 30-12-2019 / 17:04 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Sanankerto Butuh Jalan Aspal dan Lampu Lalin ANDALAN : Tahun 2020, Desa Sanankerto berharap Pemkab Malang bisa membangun jalan di areal sekitar gerbang eco wisata Boonpring.

Malangpostonline.com - Kawasan eco wisata Boonpring Desa Sanankerto Kecamatan Turen, diprediksi bakal semakin laris pada tahun 2020. Namun, pemerintah desa Sanankerto melihat ada kebutuhan yang harus dipenuhi bila ingin Boonpring semakin mantap sebagai andalan Turen dan Kabupaten Malang untuk menarik wisatawan.

“Yang pertama adalah peningkatan jalan aspal di sekitar gerbang menuju kawasan eco wisata Boonpring. Saat ini kondisinya belum terlalu bagus. Apalagi, area itu sering dilewati truk, dari informasi yang saya terima, ada 100-an truk per hari yang melintasi aspal jalan dekat Boopring,” ujar Kades Sanankerto, Mohammad Subur kepada Malangpostonline.com, Senin.

Menurutnya, akses jalan menuju Boonpring sangat vital untuk mendukung kemajuan eco wisata ini. Di sisi lain, jalan dari perempatan Sanankerto-Sananrejo sudah baik. Tapi, dari perempatan menuju Sanankerto, masih perlu mendapat perhatian. Memang, ada sebagian area jalan yang sudah teraspal.

Tapi, tidak semua jalan utama menuju Boonpring mendapatkan peningkatan infrastruktur. Sehingga, Subur berharap Pemkab Malang dan Pemprov Jatim maupun Kementerian terkait bisa menggelontorkan anggaran untuk penggarapan aspal jalan menuju Boonpring. Tak hanya aspal jalan, selokan dan drainase pendukung juga diperlukan.

Supaya, jalan aspalnya awet meski dilanda hujan. Karena, selokan sangat vital untuk menampung air hujan, dan mencegah penggenangan air di aspal yang merusak dan menggerogoti pondasi jalanan. Selain itu, Subur menyebut lampu lalu lintas di perempatan Sanankerto-Sananrejo sudah harus diadakan.

“Karena lalu lintas yang saya rasa cukup padat, dari Sananrejo ke Sanankerto, dari Turen ke Wajak, kami menerima masukan dari warga, agar ada lampu lalu lintas di perempatan ini. Supaya, mengurangi potensi kecelakaan, dan memberi kenyamanan pengguna jalan,” tambah Subur.

Dari perhitungan Bumdes pengelola Boonpring, kawasan Sanankerto setidaknya menerima pengunjung 4000 orang per harinya. (fin/Malangpostonline.com)

Editor : fin
Uploader : irawan
Penulis : fin
Fotografer : fin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU