Pembangunan Tahap Awal Alun-alun dan KCC di Mulai 2020

  • 05-01-2020 / 17:54 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Pembangunan Tahap Awal Alun-alun dan KCC di Mulai 2020 Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM

Malangpostonline.com – Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, memastikan bahwa pembangunan alun-alun di Kota Kepanjen, sudah siap. Bahkan anggaran untuk tahap pembangunan awal di tahun 2020 sudah ada. Hanya saja masih menunggu progress pembebasan lahan dari Dinas Pertanahan.

“Prinsipnya dari kami (DPKPCK), sudah siap untuk memulai pembangunan. Sekarang hanya tinggal menunggu kabar dari Dinas Pertanahan, terkait pembebasan lahannya saja,” ungkap Wahyu Hidayat.

Menurutnya, anggaran untuk pembangunan tahap awal alun-alun sudah siap. DPKPCK sudah menganggarkan sebesar Rp 2,5 miliar untuk tahun 2020. Anggaran tersebut digunakan untuk pemerataan lahan sekaligus pembangunan pondasi untuk alun-alun.

“Keberadaan alun-alun ini nantinya, kan kebanyakan adalah ruang terbuka. Selain pembangunan pondasi juga diperuntukkan pembuatan taman terbuka,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjutnya pembebasan lahan yang sudah dilakukan oleh Dinas Pertanahan, belum dilaporkan ke DPKPCK. Pada tahun 2019 lalu, pembebasan lahan yang sudah dilakukan adalah untuk jalan tembus. Termasuk beberapa lahan yang nantinya digunakan untuk alun-alun.

Selain pembangunan alun-alun, Wahyu mengatakan, bahwa DPKPCK juga sudah siap dengan pembangunan Kanjuruhan Convention Center (KCC). Lokasinya berada di sebelah utara kantor DPRD Kabupaten Malang. Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan KCC ini sekitar 4 hektare.

Hanya saja, dikatakan Wahyu, untuk memulai pembangunan KCC juga masih menunggu progress pembebasan lahan dari Dinas Pertanahan. Ketika pembebasan lahan sudah clear dan tidak ada masalah, maka pada tahun 2020 ini bisa segera dilakukan pembangunan. Karena KCC juga masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Keberadaan KCC ini nantinya untuk mendukung alun-alun. Sudah ada anggaran sebesar Rp 2,5 miliar yang kami siapkan untuk tahap pembangunan awal. KCC ini, nantinya bisa digunakan untuk pertemuan sekaligus olahraga indoor seperti GOR Ken Arok,” paparnya.(agp)

Editor : agp
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU