Kembangkan Wisata Petik Buah Langsep dan Nangka

  • 07-01-2020 / 19:20 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Kembangkan Wisata Petik Buah Langsep dan Nangka Kusnadi, Kades Ngadirejo.

Malangpostonline.com - Desa Ngadirejo, Kecamatan Kromengan, bakal disulap menjadi desa wisata pada tahun 2020 ini. Salah satunya destinasinya adalah Wisata Petik Buah Langsep dan Nangka. Pernyataan ini disampaikan Kepala Desa Ngadirejo, Kusnadi, Selasa (7/1).

"Kami ingin memunculkan kembali keunggulan yang ada di Desa Ngadirejo. Dahulu, pada tahun 1928 ketika bernama Desa Bangeran, terkenal dengan buah Langsep dan Nangka," terang Kusnadi.

Menurutnya, di Desa Ngadirejo ini, ada tiga dusun. Yakni Dusun Krajan, Cendol serta Karang Tengah. Untuk potensi buah Langsep, akan dilakukan di Dusun Krajan. Sedangkan buah Nangka di Dusun Karang Tengah.

"Dua buah tersebut akan kami budidayakan lagi. Program penghijauan dua buah itu, akan dilakukan pada tahun 2020 ini. Yakni dengan memberikan bantuan bibit buah kepada masyarakat untuk ditanam di lahannya," jelasnya.

Ketika nantinya tanaman buah tersebut tumbuh besar dan berkembang, akan dijadikan sebagai Wisata Petik Buah Langsep dan Nangka. Dengan harapan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat akan terangkat.

Karenanya untuk mendukung program tersebut, pada tahun 2019 lalu program pembangunan difokuskan pada infrastruktur jalan, dengan dasar asas pemerataan. Selain itu, juga membuat jalur pertanian, mulai jalan, drainase hingga tembok penahan tanah.

Tidak hanya itu, pada tahun 2020 ini, juga akan menjadikan Desa Ngadirejo sebagai wisata Wisoto Luhur. Yakni kegiatan pembelajaran manasij haji dan umroh, untuk anak Paud serta SD.

"Lokasinya nanti di Masjid Baitul Muhlisin. Untuk mewujudkan itu, kami sudah berkoordinasi dengan Lembaga Pendidikan Wilayah Kromengan, supaya kegiatan manasik untuk anak-anak ditempatkan di Desa Ngadirejo," urainya.

Lebih lanjut, Kusnadi mengatakan bagwa Desa Ngadirejo, juga membentuk kelompok bernama KOPEN. Yaitu Kepala Desa Karo Perangkat Peduli Ngadirejo. Kegiatannya ada Jumat bersih, melakukan pembersihan jalan utama dengan Dinas PU Bina Marga. Sedangkan di lingkungan kampung, bersama-sama dengan warga.

"Tujuannya untuk menciptakan Desa Ngadirejo, yang nyaman, bersih dan asri," katanya.

Selain Jumat bersih, kegiatan lainnya juga ada Jumat berkah. Yakni, Kades dan perangkat urunan sebagian rejeki, untuk dibelikan makanan tambahan ketika melakukan kunjungan pada anak TK ataupun Paud.

"Kami juga mengcover atau memfasilitasi paguyuban kesenian masyarakat, untuk membantu pengurusan induk kesenian. Termasuk tahun 2020 ini, juga menambah kegiatan Ajisaka. Yaitu ngaji bareng perangkat dan warga, supaya masyarakat menjadi religius," paparnya.(agp)

Editor : agp
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU