Pemkab Beri Bantuan Alat Tangkap Ikan

  • 10-01-2020 / 22:21 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Pemkab Beri Bantuan Alat Tangkap Ikan TEMPAT LELANG: Ikan hasil tangkapan para nelayan siap dilelang di TPI Sendang Biru.

Malangpostonline.com – Perhatian pemerintah kepada para nelayan di Kabupaten Malang tidak pernah berhenti. Terbukti, tahun ini Pemkab Malang melalui Dinas Perikanan akan memberikan bantuan berupa alat tangkap ikan dan perahu.

Kepala Dinas Perikanan, Kabupaten Malang, Endang Retnowati, mengatakan bantuan alat tangkap ikan dan perahu ini diberikan dengan harapan para nelayan semakin termotivasi, sehingga hasil tangkapan ikan mereka semakin banyak.

Sebelumnya, Atik begitu dia akrab dipanggil menyebutkan terus melakukan pemantauan terhadap para nelayan. Dari pantauan itulah, diketahui jika banyak nelayan tidak memiliki alat tangkap yang memadai. “Sebetulnya setiap tahun kami memberikan bantuan kepada nelayan. Dan ini bertujuan meningkatkan jumlah tangkapan ikan,’’ ungkapnya.

 Termasuk dengan perahu, kata Atik, merupakan bantuan yang sifatnya stimulan. Perahu tersebut dapat dimanfaatkan para nelayan untuk mencari ikan dengan jangkauan yang tidak terlalu jauh.

“Untuk bantuan kapal, biasanya diberikan oleh pemerintah pusat. Kami belum tahu, apakah tahun ini Kabupaten Malang dapat atau tidak. Tapi yang pasti untuk bantuan alat tangkap dan perahu ada,’’ tambah Atik.

Bukan hanya itu, Dinas Perikanan saat ini siap membuat tempat pelelangan ikan sederhana. Tempat pelelangan ikan sederhana itu dibuat di area waduk dan beberapa pantai. Dengan adanya tempat pelelangan ikan sederhana diharapkan akan memudahkan para nelayan untuk menjual ikan, dan warga juga dengan mudah mendapatkan ikan.

Ditanya ada beberapa TPI sederhana yang akan dibangun? Atik mengatakan untuk sementara masih satu. Namun, jumlahnya akan terus bertambah. “Kalau memang anggarannya mencukupi bisa dua. Tapi sementara ini baru satu. Rencananya dibangun di kawasan waduk Karangkates,’’ tandasnya. (ira/udi)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU