Kabupaten Malang Siaga Bencana Hydrometeorologi

  • 10-01-2020 / 22:28 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Kabupaten Malang Siaga Bencana Hydrometeorologi APEL : HM Sanusi Bupati Malang memeriksa kesiapan Pasukan Penanggulangan Bencana di Stadion Kanjuruhan, Jumat pagi.

Malangpostonline.com – Sebanyak 800 personel dipersiapkan oleh Kabupaten Malang untuk siaga bencana hydrometeorology, yang berpotensi menerjang Indonesia. Pada Jumat pagi (10/1), Apel Kesiapan digelar di halaman parkir Stadion Kanjuruhan, dengan diikuti seluruh elemen pengamanan, pemerintahan dan relawan.

Bupati Malang, HM Sanusi menegaskan, bahwa wilayah Indonesia saat ini mulai awal tahun 2020 telah dilanda bencana alam. Seperti tanah longsor, banjir, angin puting beliung dan gempa. “Hal ini membuat semua pihak semakin siap siaga dalam menanggulangi bencana yang datang sewaktu waktu,” kata Sanusi.

Sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri melalui Surat Edaran Nomor 360/14279/SJ, seluruh kepala daerah berkoordinasi dengan stakeholder. Agar mempersiapkan diri dan mengambil langkah-langkah straregis guna menanggulangi berbagai bencana di wilayah masing-masing.

“Kejadian bencana alam memang berasal dari alam dan sulit untuk diprediksi kapan datangnya. Pada dasarnya tugas manusia adalah menjaga kelestarian alam dan menjaga keseimbangan. Maka dari itu jangan sekali kali merusak ekosistem karena merusak keseimbangan alam,” sambung Sanusi.

Dia menegaskan, selain peran para pemangku kebijakan dan stakeholder, kesadaran masyarakat secara umum juga sangat penting untuk mencegah terjadinya bencana alam di Kabupaten Malang. Tindakan merusak ekosistem seperti buang sampah sembarangan, pembalakan liar dan pencemaran sungai, harus dihentikan di wilayah Kabupaten Malang.

Karena, jika diteruskan, maka kemarahan alam tidak akan lama bakal menimpa Kabupaten Malang. “Kita harus terus sosialisasi ke masyarakat tentang kebencanaan dan cara mengantisipasinya. Hal ini sangat penting untuk mengurangi dampak bencana,” tutupnya. (fin/udi)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : fin
Fotografer : fin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU