Awal Februari, Perumda Berlakukan Jasa Administrasi Baru

  • 22-01-2020 / 18:45 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Awal Februari, Perumda Berlakukan Jasa Administrasi Baru Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, serta pekerja ketika melakukan perbaikan saluran air.

Malangpostonline.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan, Kabupaten Malang, akan memberlakukan penyesuaian tarif jasa administrasi. Rencana penyesuaian tarif jasa administrasi, mulai diberlakukan sejak 1 Februari 2020. Ini berlaku untuk semua golongan, baik rumah tangga, instansi pemerintah ataupun industry.

“Terkecuali pelanggan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), yang masuk golongan rumah tangga A1, tidak diberlakukan penyesuaian tarif jasa administrasi,” ungkap Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi.

Menurutnya, penyesuaian tarif jasa administrasi ini, bukan kenaikan tarif dasar air. Sebaliknya, penyesuaian jasa administrasinya. Hal ini, untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada pelanggan, seperti pelayanan melalui online.

“Penyesuaian tarif jasa administrasi ini, mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 71 tahun 2016 tentang perhitungan dan penetapan tarif air minum. Selain itu, kami juga sudah mendapatkan persetujuan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Malang,” terang Syamsul.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa penyesuaian tarif jasa administrasi ini, untuk semua pelanggan, keuali MBR atau golongan rumah tangga A1. Penyesuaian untuk golongan sosial umum dan khusus yang sebelumnya Rp 7 ribu menjadi Rp 10 ribu. Kemudian pelanggan golongan industry besar yang sebelumnya Rp 15 ribu menjadi Rp 40 ribu.

“Pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, terbagi dalam 12 golongan. Hanya golongan MBR saja yang tidak ada penyesuaian,” ujarnya.

Dikatakannya, penyesuaian tarif jasa administrasi ini, karena Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, ini meningkatkan kinerja pelayanan kepada pelanggan. Sekaligus untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), dan kesejahteraan karyawan.

“Dengan penyesuaian tarif jasa administrasi, kami juga bisa memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Seperti, melakukan bedah rumah milik warga miskin, bantuan pendidikan, dan membangun fasilitas umum (fasum),” pungkasnya.(agp)

Editor : agp
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU