Rapat Kerja, IGTKI - PGRI Butuh Program Peningkatan Kompetensi Lanjutan

  • 22-01-2020 / 20:04 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Rapat Kerja, IGTKI - PGRI Butuh Program Peningkatan Kompetensi Lanjutan

Malangpostonline.com - Rapat Kerja (Raker) Program tahunan digelar IGTKI - PGRI Kabupaten Malang di Gedung PGRI, Pakisaji, Rabu (22/1). Program yang dirumuskan, salah satunya meningkatkan kualifikasi dan kompetensi para guru TK melalui diklat lanjutan.

"Tantangan (pendidikan TK) salah satunya memang kesadaran guru anggota untuk meningkatkan kompetensinya. Ya, masih harus terus disemangati lagi," kata Ketua IGTKI-PGRI Kabupaten Malang, Dra Handarijati, di sela raker, Rabu (22/1) siang.

Tuntutan agar guru TK juga harus kompeten ini, lanjutnya, juga yang nantinya dirumuskan sebagai program kerja prioritas pada 2020 ini.

Terlebih, menurutnya masih banyak pendidik TK yang butuh penyetaraan kompetensi, karena kualifikasi pendidikan sebelumnya masih kurang memadai dan memenuhi kelayakan.

"Guru anggota masih perlu diklat kompetensi lanjutan, untuk penyetaraan kualifikasi dan kelayakan kompetensi mendidiknya. Harapannya, ada program kompetensi lanjutan sebelumnya di tahun ini," harapnya.

Bunda Handarijanti mengungkapkan, pada 2019 lalu pihaknya sudah menyelenggarakan diklat kompetensi berjenjang tingkat dasar bagi setidaknya 200 guru TK yang masih berijasah terakhir SMA. Program ini dilaksanakan dari bantuan pemerintah pusat.

"Nah, guru yang sudah mengikuti diklat kompetensi tingkat dasar ini harus lanjut, setidaknya ke tingkat lanjutan," jelasnya.

Selain peningkatan kompetensi, yang menjadi pekerjaan rumah IGTKI adalah membantu memfasilitasi kesiapan TK-TK untuk penilaian akreditasi tahun 2020 ini. Selain itu, masih diperlukannya daya dukung sarpras dan pendanaan untuk pembiayaan operasional lembaga dan pembelajaran.

Dalam forum raker ini, dilakukan pelaporan kegiatan tiap pengurus IGTKI dari 33 kecamatan. Sementara, perumusan program kerja 2020 dilakukan melalui sidang komisi yang ditentukan.

Dalam Raker IGTKI ini, juga diberikan workshop penguatan kapasitas organisasi oleh Penasehat IGTKI Jawa Timur, Anna Siti Maemanah. Pembinaan juga diberikan Ketua PGRI Kabupaten Malang, Dwi Sucipto, dan Kabid PAUD-Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan, Abdul Wahid Arif. (amn)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU