Wisata Wendit Lanang Ditambah Fasilitas

  • 26-01-2020 / 21:48 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Wisata Wendit Lanang Ditambah Fasilitas KUNJUNGAN: Bupati Malang H.M Sanusi melakukan kunjungan beberapa waktu lalu di Wisata Wendit bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola wisata wendit.


PAKIS– Pemerintah Kabupaten Malang getol membangun kawasan wisata. Salah satunya wisata Wendit Lanang. Destinasi wisata yang berada di Desa Mangliawan, Pakis ini akan dilengkapi beberapa fasilitas. Tujuannya agar tempat wisata tersebut terlihat menarik, dan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

Camat Pakis, Agus Harianto S.Sos, M AP saat dikonfirmasi, menyebutkan setelah Bupati Malang H.M Sanusi melakukan kunjungan beberapa waktu lalu di Wisata Wendit, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola wisata wendit langsung memiliki ide pengembangan.

“Dari hasil rapat beberapa hari lalu, nanti aliran sungai di utara akan ditutup pagar. Ini dilakukan, agar wilayah tersebut tidak di gunakan warga untuk mencuci,’’ kata Agus.

Tapi bukan berarti warga tidak boleh mencuci. Melainkan pihak pengelola akan mengalihkan lokasi untuk mencuci di sebelah utara. “Jadi wisatawan tidak melihat warga mencuci di sana, itu tujuannya,’’ ujar Agus.

Menurutnya, Wisata Wendit Lanang itu salah satu tempat wisata legendaris di wilayah Kecamatan Pakis. Selama ini tempat wisata tersebut terjaga dengan baik. “Kunjungan wisatawannya, dari laporan yang disampaikan pihak pengelola selalu bertambah. Harapannya dengan dikelola lebih serius lagi, makin banyak lagi warga atau wisatawan yang datang,’’ tuturnya.

Selain memberikan pagar, pengelola juga akan melengkapi tempat wisata dengan sepeda air. Sepeda air tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang. “Diparbud berjanji akan memberikan bantuan sepeda air. Itu menjadi fasilitas, sehingga pengunjung semakin nyaman disana,’’ tambahnya.

Tidak kalah penting, beberapa sudut di tempat wisata ini juga akan di plengseng. Bukan hanya khawatir terjadi longsor, melainkan bangunan plengsengan untuk menutup tumpukan sampah yang ada dilokasi. “Untuk fasilitas lainnya juga dibangun. Mulai dari penambahan spot foto untuk wisatawan berswa foto, serta beberapa fasilitas lainnya,’’ kata mantan Camat Sumbermanjing Wetan ini.

Kapan pembangunan pengembangan Wisata wendit Lanang dilakukan? Agus mengatakan secepatnya. Yang pasti, selain mendapatkan bantuan dari Pemkab Malang, pengembangan Wisata Wendit Lanang juga dicover oleh Desa Mangliawan.

“Kami membantu mengkomunikasikan dengan Pemkab Malang. Prinsipnya, kami ingin dengan berkembangnya Wisata Wendit Lanang memberikan dampak positif. Tidak hanya bidang pariwisatanya yang maju, tapi juga pada perkembangan ekonomi,’’ paparnya.

Dari perkembangan itu, dia berharap masyarakat di sekitar Wisata Wendit Lanang semakin berdaya. “Karena dengan kunjungan wisata meningkat, maka warga dapat memanfaatkan dengan membuka usaha. Baik itu membuat souvenir untuk oleh-oleh ataupun membuat usaha kuliner,’’ tandas Agus. (ira/udi)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU