Sanitary Landfill TPA Talangagung Tunggu Kucuran Dana

  • 28-01-2020 / 15:22 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Sanitary Landfill TPA Talangagung Tunggu Kucuran Dana Kondisi pengelolaan sampah di TPA Talangagung, Kepanjen untuk saat ini.

Malangpostonline.com - Keinginan Pemkab Malang untuk segera mewujudkan pengelolaan sampah berbasis Sanitary Landfill di TPA Talangagung, Kepanjen masih terhambat. Pemkab Malang menunggu kucuran dana Word Bank atau Bank Dunia. Karena hingga awal tahun 2020, kucuran dana juga belum turun.

"Sekarang kami masih menunggu saja turunnya anggaran. Karena biaya untuk membuat Sanitary Landfill cukup besar," ujar Kapala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang, Budi Iswoyo.

Menurutnya, kebutuhan anggaran untuk pengelolaan sampah berbasis Sanitary Landfill, sangat besar. Setidaknya membutuhkan anggaran sekitar Rp 80 miliar sampai Rp 100 miliar. Dana tersebut berasal dari Bank Dunia.

Alasan kucuran dana belum turun juga, karena Bank Dunia memiliki prioritas lain. Bank Dunia mendahulukan kucuran dana untuk pengelolaan sampah di Sungai Citarum.

"Bank Dunia kemarin mengabarkan kalau dananya dipakai untuk keperluan pengelolaan sampah di Sungai Citarum terlebih dahulu," tuturnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang ini, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan revisi terhadap Detail Engineering Design (DED) sanitary landfill TPA Talangagung. Pembebasan lahan tambahan seluas 6 hektar untuk keperluan sanitary landfill juga sudah dituntaskan.

Sekadar informasi, sebelumya TPA Talangagung menggunakan metode Controlled Landfill untuk pengelolaan sampah. Metode Controlled Landfill yaitu dengan cara memadatkan sampah sebelum ditimbun tanah.

Sedangkan Sanitary Landfill memiliki cara kerja, setelah sampah dipadatkan kemudian dilengkapi saluran khusus untuk mengalirkan air lindi dan gas metan sebagai hasil akhir pengelolahan sampah. Sanitary Landfill sendiri membuat sampah tidak berbau dan tidak merusak tanah.(agp)

Editor : agp
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU