Sanusi Instruksikan Dishub Tertibkan Parkir Liar

  • 29-01-2020 / 14:46 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Sanusi Instruksikan Dishub Tertibkan Parkir Liar Keberadaan parkir liar di Jalan Panji Kepanjen, yang masih ada. Padahal sesuai aturan tidak boleh ada kendaraan parkir di badan jalan.

Malangpostonline.com - Masih parkir liar di beberapa ruas jalan raya, terutama di wilayah Kota Kepanjen. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, menginstruksikan Dinas Perhubungan lebih tegas dalan menertibkan penataan parkir. Pernyataan ini, disampaikannya saat acara sosialisasi Perda nomor 10 tahun 2019 tentang penyelenggaraan perparkiran, di Pendopo Pemkab Malang, Jalan Panji, Kepanjen, Rabu (29/1).

"Saya tidak izinkan jalan umum untuk lahan parkir. Ke depan harus cari formula terbaik, supaya kendaraan yang parkir terlindungi dan pengguna jalan aman," ungkap Sanusi dengan tegas.

"Jangan pikirkan PAD (pendapatan asli daerah, red) dulu, yang pertama itu ketertiban masyarakat yang diutamakan," sambung politisi PKB ini.

Menurutnya, keberadaan parkir liar ini sering mendapat keluhan masyarakat. Mereka terganggung karena kendaraan yang parkir, kerap memakan badan jalan. Selain tidak tertib, juga merusak keindahan jalan.

Dengan penertiban parkir ini, Sanusi berharap ke depan tidak ada lagi jalan umum yang dimanfaatkan untuk parkir. Rambu larangan parkir yang ada harus ditaati. Sebab masih banyak kendaraan yang melanggar aturan.

"Saya minta tidak ada lagi badan jalan yang digunakan untuk parkir. Terutama jalan umum ataupun jalan nasional, harus bebas dari parkir liar," ujarnya.

Tidak hanya itu, Sanusi juga berharap kepada pemilik usaha ataupun perkantoran, untuk tidak memanfaatkan badan jalan untuk parkir. "Kami wajibkan mereka untuk membuat lahan parkir sendiri," tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Hafie Lutfi, mengatakan akan segera menindaklanjuti instruksi dari Bupati Malang. Keberadaan parkir liar yang selama ini mengganggu pengguna jalan, akan ditertibkan.

"Masalah parkir memang tidak harus fokus pencapaian PAD. Tetapi juga ketertiban umum kendaraan. Karena nantinya kami akan segera menertibkan parkir liar yang menggunakan badan jalan," papar Hafie Lutfi. (agp)

Editor : agp
Uploader : rois
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU