Antisipasi KEK Singhasari, Dindik Siapkan Rintisan Sekolah Technopark

  • 27-02-2020 / 20:17 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Antisipasi KEK Singhasari, Dindik Siapkan Rintisan Sekolah Technopark

Malangpostonline.com - Satu terobosan inovatif dilakukan bidang pendidikan menyusul pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Kabupaten Malang. Sejumlah 15 sekolah disiapkan sebagai rintisan sekolah technopark dengan keunggulan digital dan multimedia.

"Konsep yang dicanangkan di bidang pendidikan adalah terbangunnya pusat technopark menyambut KEK Singhasari. Sudah teralokasikan setidaknya Rp 3,6 miliar untuk mengembangkan technopark ini," kata Cecep Lili, Kasubag Perencanaan dan Evaluasi Program Dinas Pendidikan, Kamis (27/2) sore.

Pusat pendidikan penyangga KEK Singhasari bidang pendidikan ini, lanjut Cecep, bertujuan agar warga Kabupaten Malang nantinya bisa andil dan bisa berkontribusi. Setidaknya menjadi bisa bekerja atau pelaku di sektor industri kreatif yang bakal banyak berkembang.

Dikatakan, technopark ini salah satunya diinisiasi dengan mengembangkan program kelas-kelas khusus yang diperkuat kompetensi multimedia. Ada setidaknya 15 sekolah yang disiapkan mendapatkan bantuan awal berupa penguatan kemampuan IT dan sarpras penunjangnya.

"Kedepannya, sekolah penerima bantuan ini diproyeksikan bisa mencetak siswa-siswi andal yang ahli IT. Bahkan, bisa jadi ada satu prototype atau model sekolah IT yang kompetensinya bisa disejajarkan dan bersertifikasi internasional, ditambah penguasaan Bahasa Inggris yang bagu," jelas Cecep.

Siswa unggulan kelas IT dan multimedia ini juga bisa berkelanjutan, mulai dari SMP, SMK, hingga perguruan tinggi. Kesempatan ini hanya bagi siswa sekolah yang sudah dipilih yang melaksanakan kelas multimedia.

Kelanjutan pendidikan ke jenjang SMK bisa ditampung khusus di SMKN 1 dan 2 Singosari, SMKN 1 Kepanjen, dan SMKN 11 Kota Malang. Sementara, fasilitas kuliah perguruan tinggi yang bisa disiapkan ada di Universitas Brawijaya dan Politeknik Negeri Malang. (amn)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU