Bupati Malang dan Ketua DPRD Wacanakan Puskesmas Tumpang Jadi RSUD

  • 28-02-2020 / 22:54 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Bupati Malang dan Ketua DPRD Wacanakan Puskesmas Tumpang Jadi RSUD GEMA DESA: Bupati Malang HM Sanusi meninjau warga yang sakit di Puskesmas Tumpang saat kegiatan Gema Desa Minggu (23/2) lalu

Malangpostonline.com – Keinginan Pemerintah Kabupaten Malang meningkatkan pelayanan kesehatan tidak hanya diwujudkan dengan memberikan biaya pengobatan gratis kepada pasien kelas 3 yang tidak mampu. Tapi Pemkab Malang juga berencana meningkatkan status layanan kesehatan. Pemkab Malang berencana mengusulkan Puskesmas Tumpang menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Rencana tersebut disampaikan Bupati Malang, H.M Sanusi saat memimpin kegiatan Gerakan Membangun Desa (Gema Desa) di wilayah Kecamatan Tumpang, Minggu (23/2) lalu.

Bahkan, Sanusi yang saat itu bersama Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, juga meninjau langsung Puskesmas Tumpang. Menurut Sanusi saat Puskesmas Tumpang menjadi RSUD maka akan ada peningkatan layanan kesehatan. Sehingga warga yang berasal dari Malang Timur tidak jauh-jauh saat mereka berobat.

“Warga Pakis, Poncokusumo, Jabung, Wajak dan sekitarnya tidak perlu ke Kepanjen atau Lawang untuk berobat. Tapi bisa ke Tumpang,’’ katanya.

Terkait dengan rencana tersebut, Sanusi pun meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Malang untuk lebih dulu melengkapi fasilitas-fasilitas yang ada di Puskesmas Tumpang.

“Karena ada beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi saat usulan peningkatan status rumah sakit. Pertama adalah jumlah ruang rawat inap, poli, serta fasilitas lain seperti bed atau tempat tidur dan lain sebagainya,’’ tambah Sanusi.

Dia juga mengatakan, jika dibutuhkan perluasan wilayah, Dinkes tidak perlu kawatir. Karena ada tanah milik Pemerintah Kabupaten Malang yang dapat digunakan. “Ada tanah yang merupakan aset milik pemerintah letaknya di belakang Puskesmas Tumpang. Itu bisa digunakan jika nanti dibutuhkan perluasan, jadi tidak perlu khawatir,’’ tambahnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang inipun yakin, dengan meningkatnya status, Puskesmas Tumpang menjadi RSUD, maka akan diiiringi dengan meningkatnya layanan kesehatan.

“Jadi saat nanti menjadi RSUD, maka layanannya pun harus berubah menjadi lebih baik. Jangan sampai sudah menjadi rumah sakit, tapi layanannya masih seperti saat menjadi Puskesmas,’’ urainya.

Lalu kapan rencana itu dapat terealisasi? Sanusi dengan tegas mengatakan segera. Dia menyebutkan jika saat ini sedang melakukan pembahasan, dan konsultasi dengan Kementrian Kesehatan RI. “Paling tidak dua tahun bisa terealisasi. Ya doakan, semuanya lancar,’’ kata Sanusi saat itu.

Sementara Didik Gatot Subroto pun tak menampik jika Pemerintah Kabupaten Malang sedang getol meningkatkan pelayanan kesehatan. Bahkan semua program kesehatan di Kabupaten Malang menjadi prioritas di Kabupaten Malang.

Dan dia pun sangat setuju saat Puskesmas Tumpang dinaikkan statusnya menjadi RSUD. Bukan hanya tempatnya menjadi lebih luas, tapi peningkatan status itu juga akan berdampak pada pelayanan kesehatan yang baik pula.

“Nanti warga tidak perlu ke Kepajen atau Lawang, bahkan di Kota Malang. Mereka yang sakit dapat langsung berobat ke Tumpang,’’ katanya. Dia pun berjanji membantu Pemkab Malang untuk membuat rencana ini terealisasi. (ira/jon)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU