Komitmen 2020, Tirta Kanjuruhan Targetkan 600 Pelanggan MBR Dapat Subsidi

  • 29-02-2020 / 00:00 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Komitmen 2020, Tirta Kanjuruhan Targetkan 600 Pelanggan MBR Dapat Subsidi H Syamsul Hadi S.Sos, MM

Malangpostonline.com – Janji Perumda Tirta Kanjuruhan untuk memberikan subsidi pemakaian air kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bukan isapan jempol. Sejak Januari lalu, perusahaan air minum milik Pemerintah Kabupaten Malang ini telah menyalurkan subsidi pemakaian air sepuluh kubik setiap bulan kepada pelanggan MBR.

“Ini merupakan bentuk komitmen kami. Dimana sebagai perusahaan kami tidak hanya berorientasi pada profit, tapi juga sosial,’’ kata Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, H Syamsul Hadi S.Sos, MM.

Rencana pemberian subsidi pemakaian air kepada MBR ini sendiri ada sejak tahun 2019 lalu. Saat rencana itu muncul, pihak Perumda Tirta Kanjuruhan pun langsung melakukan pendataan para pelanggan MBR. Baru setelah semuanya terdata dengan baik, program inipun langsung diterapkan.

“Kalau jumlahnya saya kurang ingat. Tapi target kami tahun 2020 ini ada 600 pelanggan MBR yang mendapatkan subsidi pemakaian air,’’ ungkap Syamsul.

Dia juga mengatakan, program ini sudah diterapkan sejak Januari lalu. Dan penerapannya pun tidak ada kendala, alias berjalan lancar.

Syamsul mengatakan, program sosial ini, pihaknya memang tidak seketika memberikan. Sebelum diterapkan, petugas dari Perumda Tirta Kanjuruhan lebih dulu melakukan survey. Tujuannya adalah agar tidak salah sasaran.

Dia pun menegaskan bahwa subsidi yang diberikan hanya sepuluh kubik sesuai dengan aturan. Sehingga saat pemakaian air lebih dari jumlah subsidi tersebut, maka pelanggan MBR ini harus membayar kelebihan pemakaiannya, sesusai dengan biaya yang diterapkan.

“Jadi tidak seluruhnya gratis ya. Jangan sampai salah tafsir. Yang diberikan subsidi atau diberikan gratis hanya sepuluh kubik saja. Sehingga jika pemakaian airnya lebih dari itu, maka pelanggan MBR membayar biaya kelebihan airnya,’’ urainya.

Dia pun mengatakan, pemberian subsidi pemakaian air sepuluh kubik itu selain sesuai aturan, juga sudah dihitung secara matematis. Dimana kebutuhan dasar satu orang per hari rata-rata 60 liter.

“60 liter jika dikalikan 30 hari, adalah 1800 liter. Jika dalam satu rumah ada empat orang maka 1800 liter dikalikan 4  menjadi 7200 liter. Sedangkan sepuluh kubik jika dikonversikan ke satuan liter jumlahnya sepuluh ribu liter. Jika hitungan itu tepat, maka bisa jadi MBR tidak membayar biaya pemakaian air sama sekali, dan hanya membayar biaya jasa administrasi saja,’’ tandasnya.(ira/jon)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU