Disperindag Kabupaten Malang Wajibkan Pengunjung Pasar Cuci Tangan

  • 30-03-2020 / 05:59 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Disperindag Kabupaten Malang Wajibkan Pengunjung Pasar Cuci Tangan CUCI TANGAN: Di depan Pasar Kepanjen disediakan galon berisi air dan untuk cuci tangan sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

Malangpostonline.com – Merebaknya Virus Corona, mendapat perhatian serius dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang. Salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus dengan nama lain Covid -19 itu, Disperindag mewajibkan para pedagang dan pengunjung pasar mencuci tangan lebih dulu, sebelum mereka melakukan aktifitasnya di dalam pasar. Tidak sekadar menyuruh, pihak Disperindag juga menyediakan galon berisi air, lengkap dengan sabun.

Kepala Disperindag Kabupaten Malang, Dr Agung Purwanto mengatakan, jika galon dan air serta sabun disiapkan Unit Pelayanan Pasar Daerah (UPPD). “Ada petugas yang berjaga, dan mengingatkan pengunjung atau pedagang yang baru datang untuk mencuci tangan menggunakan sabun,’’ kata Agung.

Pria berkacamata ini menyebutkan, jika air di galon habis, maka petugas akan melakukan pengisian. “Awalnya memang kami ingin menyediakan wastafel untuk cuci tangan. Tapi karena waktunya tidak cukup, maka yang ada saja yang digunakan,’’ tambah Agung.

Disinggung dengan pengunjung atau pedagang yang bandel, Agung mengatakan sangat menyesalkan hal itu. Menurut Agung, dari laporan Kepala UPPD, tidak semua pengunjung atau pedagang mau mencuci tangan. “Tapi kami terus berusaha, untuk menggugah kesadaran pedagang maupun pengunjung. Terlebih sekarang, setelah ada Virus Corona. Agar  virus tidak menyebar kemana-mana, maka dilakukan cuci tangan seperti ini,’’ tambahnya.

Cuci tangan dipilih, karena sangat efektif membunuh virus yang menempel di tangan. Selain itu biaya untuk menyediaan air dan sabun juga tidak mahal. “Tadinya ingin menyediakan hand sanitezer. Tapi karena saat ini hand sanitiser cukup mahal dan barangnya juga kosong, maka gantinya ya  air ini,’’ungkapnya.

Dia mengatakan, dengan cuci tangan akan mengurangi risiko tertular virus. “Kami juga memberikan himbauan kepada pengunjung dan pedagang untuk tertib, dan selalu menjaga jarak. Selain itu pengunjung diimbau menggunakan masker, dan selalu menerapkan hidup bersih.

Menurut Agung, Pemerintah sudah berupaya maksimal untuk menangani Covid-19 ini. Itu sebabnya dia mengimbau kepada masyarakan agar selalu berhati-hati. Terutama saat keluar rumah warga wajib menggunakan masker, dan menggunakan hand sanitizer setelah beraktifitas. “Karena ini virus tidak terlihat oleh siapapun. Sehingga berhati-hati dan selalu menerapkan social distancing inilah yang . Siapa yang positif maupun yang negatif kita semua tidak tahu. Itulah yang membuat kita harus selalu berhanti-hati dan tidak selalu mengikuti imbauan dari pemerintah,’’ tandasnya. (ira/udi)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : MP
Fotografer : MP

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU