Tiga Pasien Corona Asal Kabupaten Malang Membaik, Jalani Karantina di Safe House

  • 30-03-2020 / 07:52 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Tiga Pasien Corona Asal Kabupaten Malang Membaik, Jalani Karantina di Safe House Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang drg. Arbani Mukti Wibowo

Malangpostonline.com - Tiga pasien positif Covid-19 (virus corona) asal Kecamatan Dau, Kabupaten Malang dinyatakan semakin membaik, Minggu (29/3). Mereka sudah tak diisolasi di RSUD Kanjuruhan tapi di salah satu rumah dalam pengawasan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang drg. Arbani Mukti Wibowo menjelaskan tiga pasien positif Covid-19 itu sudah tak menjalani perawatan di RSUD Kanjuruhan, Kepanjen sejak Jumat (27/3) lalu. Saat ini bersama dua anggota keluarganya yang lain, mereka menjalani karantina di safe house. Itu setelah kondisi kesehatan tiga pasien itu terus membaik.

Sebelumnya Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Malang dan Puskesmas Dau melakukan evakuasi terdapat lima warga pada Minggu (22/3) lalu. Dua dari tiga orang yang positif terpapar virus Corona itu mengalami batuk dan pilek. Saat itu mereka langsung dibawa ke RSUD Kanjuruhan. Awalnya Minggu (14/3), salah seorang kerabat dari lima orang itu meninggal dunia karena Covid-19.

Lebih lanjut Arbani menjelaskan, tiga hari menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Kanjuruhan, dua pasien menunjukkan kondisi yang sangat baik. Yaitu batuk dan pilek yang dialami sembuh. Demikian juga dengan satu orang lainnya yang statusnya positif Covid-19 tak memperlihatkan gejala gangguan klinis.

“Setiap hari tim medis melakukan pemeriksaan, termasuk pengukuran suhu tubuh. Tiga yang positif suhu tubuhnya normal. Mereka sehat, tapi statusnya belum berubah yaitu masih positif,’’ tambahnya.

Mantan Direktur RSUD Lawang ini menjelaskan, tim medis membolehkan mereka meninggalkan RSUD Kanjuruhan karena ketiganya tidak memiliki gejala klinis. “Semuanya sehat sesuai dengan laporan yang kami terima,’’ tambahnya.

Selama di safe house, lima orang yang memiliki ikatan keluarga tersebut dipantau kondisi kesehatannya. “Insya Allah mereka aman. Karena di safe house, baik yang tiga positif maupun dua negatif betul-betul tidak keluar rumah. Mereka tidak boleh berinteraksi dengan orang lain,’’ ungkapnya.

Termasuk saat makan, tim Dinkes tetap memberikan perhatian. “Namun demikian tidak ada kontak fisik sama sekali. Makanan diantar petugas ditempatkan di tempat khusus. Sampah dari safe house ditempatkan di plastik yang diikat sangat rapat,’’ urainya.

Proses penanganan di di safe house berlangsung selama 14 hari.

Arbani optimis ketiga pasien positif ini akan sembuh atau negatif Covid-19. Begitu juga dua kerabat mereka yang lain tetap sehat. Keyakinan itu setelah dia membaca laporan medis ketiganya yang tidak mengalami gangguan klinis.

“Tapi untuk memastikan kami akan melakukan pengambilan swab lagi untuk selanjutnya di uji laboratorium,’’ tambahnya. Rencananya swab ke dua dilakukan Senin (30/3) hari ini dan swab ketiga pada Senin (6/4) mendatang. Lima orang anggota keluarga tersebut tetap wajib tes swab. “Jika hasilnya semuanya bersih, mereka akan dipulangkan ke rumahnya,’’ tandasnya. (Ira/van)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : MP
Fotografer : MP

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU