Sudah Terlatih, Tenaga Kesehatan RSUD Kanjuruhan Cek Suhu Dua Kali Sehari

  • 03-04-2020 / 21:01 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Sudah Terlatih, Tenaga Kesehatan RSUD Kanjuruhan Cek Suhu Dua Kali Sehari ilustrasi. (CNN Indonesia/ist)

Malangpostonline.com – Selama menangani pasien yang terpapar Covid-19 (virus corona) tenaga kesehatan  (nakes) di Rumah Sakit juga harus menjaga kondisi mereka. Untuk itu, Direktur RSUD Kanjuruhan dr Dian Prasodjo Sp.THT memastikan nakes di rumah sakit yang dipimpinnya dalam kondisi selalu sehat.

 Dian mengatakan, sejak ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan, pihaknya langsung membentuk tim. “Tim kami sudah terlatih. Banyak di antara mereka adalah tenaga kesehatan yang dulu menangani SARS dan MERS. Sehingga begitu menghadapi saat ini, mereka pun sudah terlatih,’’ ungkapnya. 

Selain kontrol penggunaan APD sesuai standar, juga memperhatikan kondisi nakes dan penunjang tambahan makanan serta obat. “Setiap hari tenaga kesehatan ini juga dites kesehatannya dengan pengukuran suhu tubuh dua kali sehari,’’ tambah Dian.

Bahkan jika ada tenaga kesehatan yang mengalami gejala klinis seperti pasien terpapar, Dian meminta mereka untuk segera melakukan tes. “Tapi Alhamdulillah semuanya sehat,” katanya.

Tidak hanya nakes RSUD Kanjuruhan yang kondisinya sehat. Nakes yang bertugas di puskesmas di seluruh Kabupaten Malang juga tidak ada yang mengalami gejala klinis seperti pasien terpapar Covid -19.

Sementara itu nakes di RS Karsa Husada Kota Batu dipastikan juga dalam kondisi baik. Mereka terus menunjukan totalitas pelayanannya. Apalagi sedang merawat satu pasien positif Covid-19 yang diisolasi di RS yang ditunjuk Pemprov Jatim itu.

"Tenaga medis di Karsa Husada dalam keadaan baik. Kami masih bisa mengatur personel dengan baik,” jelas  Direktur RSU Karsa Husada, dr Tries Anggraini M.Kes.

Selain tercukupinya tenaga medis, RS Karsa Husada juga mengutamakan keamanan dan keselamatan nakes. Itu menjadi prioritas utama. Sehingga pihaknya menekankan kedisiplinan dalam menggunakan APD.

"Selain keamanan berupa kedisplinan dalam mengatur ritme kerja, kami juga support pemberian tambahan  fooding dan suplemen vitamin. Supaya mereka punya daya tahan tubuh baik," paparnya

Di samping, lanjut Tries, yang bekerja di RS untuk menangani pasien Covid-19 tidak langsung pulang ke rumah. Tetapi diwajibkan tinggal di RS agar kondisi meraka benar-benar baik baru pulang ke rumah. (ira/eri/van)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : MP
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU