Retribusi Pasar di Kabupaten Malang Sementara Dihapus

  • 07-04-2020 / 05:37 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Retribusi Pasar di Kabupaten Malang Sementara Dihapus SEPI: Pengunjung Pasar Lawang mengalami penurunnan sejak Virus Corona merebak

Malangpostonline.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang akhirnya menghapuskan retribusi pasar. Penghapusan retribusi ini akibat kondisi pasar yang sepi, seiring dengan merebaknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kepala Disperindag Kabupaten Malang Dr Agung Purwanto, mengatakan penghapusan retribusi berlaku sejak 1 April sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

“Perintah bapak bupati demikian, yaitu penghapusan retribusi pasar untuk sementara waktu,’’ katanya.

Agung mengatakan, sebelumnya banyak pedagang di pasar- pasar tardisional di Kabupaten Malang menanyakan terkait retribusi pasar, seiring dengan merebaknya Covid-19. Permintaan warga inipun disampaikan Agus kepada Bupati Malang.

“Beberapa waktu lalu, anggota DPRD juga mengusulkan agar tidak ada ada penarikan retribusi pasar. Usulan itu disetujui oleh bapak bupati, sehingga Rabu (1/4) lalu retribusi pasar sudah ditiadakan,’’ ungkapnya.

Agung mengaku, dengan adanya penghapusan retribusi pasar maka berdampak pada penurunan PAD untuk Disperindag. Terlebih penghapusan retibusi tidak diketahui sampai kapan. Selama ini, pendapatan retribusi pasar rata-rata sebesar Rp 590 juta.

“Melalui angka itu akan diketahui berapa jumlah penurunan PAD yang dialami Disperindag Kabupaten Malang. Kalau gratis dilaksanakan dua bulan tinggal dikalikan dua,’’ ungkapnya.

Sementara untuk mengantisipasi tersebarnya Covid -19 Disperindag terus melakukan sosialisasi. Terutama kepada pengunjung pasar supaya menerapkan jaga jarak dan selalu menggunakan masker. Termasuk sering-sering cuci tangan menggunakan sabun.

“Jadi kalau ada pembeli di Pasar Lawang perlakuannya sama. Mereka harus jaga jarak. Mari bersama-sama bertanggung jawab untuk memutus mata rantai penyebarang Covid-19,’’ tandasnya. (ira/agp)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : MP
Fotografer : MP

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU