4 Pasien Covid-19 Kabupaten Malang Sembuh, Tambah 3 Positif

  • 08-04-2020 / 05:33 WIB
  • Kategori:Kabupaten
4 Pasien Covid-19 Kabupaten Malang Sembuh, Tambah 3 Positif

Malangpostonline.com - Empat pasien Covid-19 di wilayah Kabupaten Malang dinyatakan sembuh, Selasa (7/4). Begitu juga seorang yang semula terinfeksi virus Corona di Kota Malang diumumkan telah pulih kesehatannya usai menjalani perawatan. 

Warga Kabupaten Malang yang dinyatakan sembuh dari paparan virus asal Wuhan, China itu terdiri dari tiga pasien asal Dau. Mereka awalnya dirawat mulai 22 Maret lalu di RSUD Kanjuruhan kemudian menjalani karantina di safe house.  Sedangkan satu pasien  lagi asal Karangploso menjalani penanganan medis sejak 28 Maret.

Kabar baik itu diungkapkan Bupati Malang HM Sanusi didampingi Plt Direktur RSUD Kanjuruhan dr. Dian Suprojo. Penjelasan resmi disampaikan di sela testimoni salah satu perwakilan pasien sembuh.

“Manakala sudah dinyatakan negatif, pasien Covid-19 belum tentu bakal menulari orang lain. Karena sudah ada indikasi negatif, tak akan ada penularan.  Insyaallah, masyarakat tak perlu ragu. Mudah-mudahan mereka terus sehat, dan tidak terkena penyakit lagi,” jelas Sanusi kepada wartawan.

Menurut Sanusi, masyarakat tetap harus disiplin menjaga kesehatan meskipun sudah ada kabar baik soal empat pasien yang dinyatakan negatif Covid-19. Karena, tidak ada yang tahu bagaimana warga bakal terpapar virus Corona. Dengan disiplin protokol kesehatan seperti cuci tangan, minum vitamin dan memakai masker, masyarakat diharap selalu terhindar dari paparan.

Plt Direktur RSUD Kanjuruhan dr. Dian Suprojo menegaskan  empat pasien sudah dinyatakan negatif. Karena sudah negatif, dia berharap masyarakat tidak menancapkan stigma buruk kepada mereka.

Namun demikian dia mengingatkan para pasien negatif agar tetap melaksanakan protokol kesehatan. “Mereka yang sudah negatif, tetap diperlakukan sama, yaitu harus tetap memakai masker. Beliau-beliau yang sudah sembuh, Insyaallah tidak akan menularkan,” ujar dr Dian.

Untuk diketahui, tiga dari empat pasien positif itu merupakan satu anggota keluarga asal wilayah Kecamatan Dau. Mereka merupakan keluarga dari pasien positif Corona yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Keluarga tersebut terdiri dari enam orang, namun empat di antaranya positif Covid-19. Tiga diantaranya lalu mendapat perawatan medis hingag sembuh.

Bersamaan dengan sembuhnya empat pasien itu, Kabupaten Malang ketambahan tiga pasien positif Covid-19. Dari pengumuman data terbaru Covid-19 Pemprov Jatim Selasa (7/4) malam, total jumlah pasien terpapar virus Corona bertambah dari tujuh menjadi 10 orang.

Hal ini tidak ditampik oleh Pemkab Malang. Plt Direktur RSUD Kanjuruhan, dr Dian Suprojo  mendampingi Bupati Malang, HM Sanusi mengungkapkan hal itu.  “Perkembangan terakhir, positif ada dua dari tenaga kesehatan, dan satu dari pendamping ibadah haji,” kata Dian.

Menurutnya, dua tenaga kesehatan dan pendamping haji tersebut, terpapar Corona ketika mengikuti bimbingan ibadah haji secara massal di Surabaya beberapa waktu lalu.

Menurut Dian, ada kegiatan pembimbingan haji di Surabaya yang diikuti oleh tenaga kesehatan dan jamaah haji dari seluruh Jawa Timur.

Diketahui, narasumber bimbingan haji di Surabaya, meninggal dalam kondisi positif Covid-19. Sehingga, Pemprov Jatim memerintahkan untuk tes seluruh jamaah haji dan tenaga kesehatan dari seluruh Jawa Timur secara serentak.

Hasilnya, Kabupaten Malang ada tambahan tiga pasien positif Covid-19. “Imbas narasumber meninggal konfirmasi positif. Sehingga semua kabupaten kota di wilayah Jatim, lakukan screening. Dari hasil swab, untuk Kabupaten Malang ada yang positif Covid-19,” tambah dr Dian.

Dia belum menyebutkan, di mana lokasi positif Covid-19 berjumlah tiga orang tersebut. Tapi, menurut Dian, tiga pasien itu tidak menunjukkan ciri-ciri penderita Covid-19. Mereka tidak pernah batuk, tidak demam, tidak radang tenggorokan dan tidak sesak napas.

Belum diketahui, apakah tiga pasien tersebut apakah akan dirawat di RSUD. Tapi, protokol isolasi mandiri di rumah sudah diterapkan kepada mereka. “Kita ikuti dengan protap yang sudah kita laksanakan, tapi saat ini individunya sehat sampai sekarang,” tuturnya.

 

Satu Pasien di Kota Malang Sembuh

Sementara itu, di Kota Malang, jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh per 7 April kemarin bertambah satu orang. Sebelumnya terdapat tiga pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan demikian, terdapat empat orang dirawat dan empat orang sudah sembuh.

Menurut Kabag Humas Pemkot Malang satu pasien Covid-19 yang sembuh sebelumnya menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kota Malang. "Sudah lama dirawat. Telah menunjukan kondisi baik lalu swab terakhir menunjukan pasien sudah sembuh. Saat ini sudah pulang dan isolasi di rumah dulu selama 14 hari," pungkas Widianto. (fin/ica/van)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : MP
Fotografer : MP

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU