Dinkes Lacak Tambahan Kasus Positif Covid-19 Kabupaten Malang

  • 10-04-2020 / 21:46 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Dinkes Lacak Tambahan Kasus Positif Covid-19 Kabupaten Malang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang drg Arbani Mukti Wibowo

Malangpostonline.com -  Kasus positif Covid -19 Kabupaten Malang bertambah  satu.  Sehingga Jumat (10/4) hari ini jumlah total kasus positif di Kabupaten Malang mencapai 11 orang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo.

“Informasi dari Satgas Penanganan Covid -19 Provinsi Jatim ada tambahan satu positif di Kabupaten Malang. Saat ini kami sedang tracking (melacak) keberadaannya,” katanya.

Pelacakan ini dikatakan Arbani penting dilakukan, bukan sekadar mengetahui data warga yang terkonfirmasi positif saja. Tapi juga keluarga dan warga di lingkungan yang bersangkutan.

“Untuk yang positif, maka akan dilihat kondisinya. Jika kondisinya mengalami gejala klinis, seperti batuk, pilek dan juga sesak nafas, maka langsung dibawa ke rumah sakit rujukan guna perawatan. Namun jika sehat, maka hanya menjalani karantina di rumah, sampai dengan 14 hari,” tambahnya.

Sedangkan untuk keluarga yang bersangkutan, tambah Arbani juga dilakukan pengecekan kesehatan dengan pengukuran suhu tubuh setiap hari. “Keluarga dari warga terpapar positif ini nanti akan masuk sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP). Dimana mereka akan dipantau secara ketat. Tentu saja, mereka ini tidak boleh keluar rumah, atau menjalani karantina diri,” tambahnya.

Sementara itu untuk 10 data terkonfirmasi positif yang sudah ada, dijelaskan Arbani empat orang sudah sembuh, tiga orang lainnya menjalani isolasi di rumah, dua orang menjalani perawatan dan satu orang meninggal dunia.  “Kami terus berupaya, untuk warga yang terpapar dan terkonfirmasi positif, sembuh. Beragam metode penanganan pasien positif kami lakukan,  untuk menumbuhkan imun pasien, agar mereka cepat sembuh,” tambahnya.

Sementara itu, selain jumlah kasus positif yang bertambah, jumlah Orang Dengan Risiko (ODR) di Kabupaten Malang juga bertambah. Dimana Kamis (9/4) lalu jumlah ODR di Kabupaten Malang mencapai 2840. Sedangkan kemarin mencapai 3330. Begitu juga jumlah warga dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) meningkat empat kasus. Hari sebelumnya hanya 36, kemarin menjadi 40.

Kondisi yang sama juga terlihat pada kategori

 Orang Dalam Pantauan (ODP), Kamis (9/4) kasus ODP mencapai 191. Sedangkan kemarin jumlah dengan kategori tersebut mencapai 201.

Sedangkan kategori Pasien Dengan Pengawasan (PDP) juga mengalami peningkatan. Hari sebelumnya jumlah PDP mencapai 71 kasus. Sedangkan kemarin mencapai 79 kasus.

“Baik yang ODP maupun PDP ada beberapa yang sembuh. Tapi ada juga ODP yang meninggal dunia, tapi hasil swabnya negatif,” tutur Arbani.

Dia juga mengatakan penambahan jumlah kasus ini lantaran masih banyak warga yang tidak menerapkan Sosial Distancing. “Kami terus mengimbau kepada warga untuk melakukan jaga jarak, atau tetap di rumah. Jika itu tertib dilakukan, mata rantai penyebaran Covid -19 pun cepat terputus,” tandas Arbani.(ira)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : ira
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU