Sebelum Dijamas, Ratusan Pusaka Dikirab

  • 30-09-2018 / 17:01 WIB
  • Kategori:Batu
Sebelum Dijamas, Ratusan Pusaka Dikirab Kegiatan shidikoro di Candi Songgoriti Kota Batu serta prosesi penjamasan keris di aeral Candi Songgoriti (KERISDIANTO/MALANG POST)

BATU - Candi Songgoriti di Kelurahan Songgokerto Kota Batu menjadi tempat penjamasan ratusan tosan aji atau pusaka, kemarin. Ratusan pusaka dikirab terlebih dahulu sebelum dijamas dalam acara yang juga memperingati tahun baru saka 1952 ini.

Dua pusaka buatan Mpu Supo, Pusaka Kudi dan Tombak Songgo Buwono menarik perhatian. Mpu Supo, pembuat dua pusaka itu juga pendiri Candi Songgoriti. mana pada pelaksanaanya semua pusaka yang ada dijamas atau dibersihkan, dishidikoro hingga dikirab di kawasan Candi Songgoriti.

Juru Kunci Candi Songgoriti, Haryoto mengatakan, dua pusaka milik Mpu Supo dulunya dibuat di Candi Songgoriti. Dua pusaka itu ditempa dan dicelup dengan air panas alam yang mengalir di bawah candi.

“Dalam pembuatannya, pusaka ini ditempa dengan tangan kosong oleh Mpu Supo. Itu terlihat dari senjata Kudi yang berbentuk seperti Kujang, dengan bekas pijitan tangan,” ujar Haryoto kepada Malang Post.

Selain itu dilakukan jamasan, pada malam harinya, pusaka diadakan shidikoro. Kegiatan ini untuk pemilik meraskaan energi positif pada pusaka. Shidikara dibuka dengan tari puja mantra, kili suci ri nagari yang merupakan tari persembahan untuk negara. Ada juga pembacaan macapat dalam kegiatan jamasan itu.

Peringatan Suro tahun Saka 1952 ini diselenggarakan oleh Paguyuban Pecinta, Pelestari Tosan Aji dan Budaya Jawa Kota Batu, Sangga Braja. “Kegiatan ini sengaja pada malam Purnama Sidhi,” ujar Ketua Pelaksana, RT Sudarno Hadipuro.

Sebelum mengawali jamasan benda pusaka, pihaknya melaku­kan selamatan di depan Candi Songgoriti dan potong tumpeng. Peringatan sengaja dilakukan Candi Songgoriti karena memiliki sejarah Mpu Supo. “Selain itu, Mpu Supo juga menjamas benda pusakanya dengan sumber air panas di bawah Candi Songgoriti,” pungkasnya. (eri/feb)

Editor : feb
Uploader : abdi
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU