Raih Suara Terbanyak, Asmadi Ketua Sementara DPRD Kota Batu

  • 26-08-2019 / 19:05 WIB
  • Kategori:Batu
Raih Suara Terbanyak, Asmadi Ketua Sementara DPRD Kota Batu Ketua DPC PDIP Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M

MALANGPOSTONLINE.COM - Pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kota Batu terpilih periode 2019-2024 bakal digelar pada tanggal 30 Agustus 2019. Dengan dilantiknya 30 anggota dewan baru tersebut akan ditunjuk Ketua sementara DPRD Kota Batu.

Untuk ketua sementara, sebelumnya telah diungkap oleh Sekretaris DPRD Kota Batu, Balok Yudono bahwa yang akan menjadi Ketua Sementara DPRD Kota Batu adalah partai dengan suara terbanyak. Yakni PDIP di kursi ketua dan PKB sebagai wakil.

Dari data perhitungan suara Pileg Kota Batu, diketahui PDIP meraih enam kursi dengan total suara 32.054 suara, kemudian disusul PKB lima kursi dengan perolehan suara 18.054 suara, dan disusul Gerindra empat kursi dengan jumlah 16.595 suara.

Dijelaskan oleh Ketua DPC PDIP Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M bahwa sesuai aturan partai nomor 7 tahun 2019 menyebutkan ketua sementara akan diambil dari anggota terpilih dengan jabatan tertinggi mulai dari KSB (Ketua, Sekretaris, Bendahara).

"Sesuai dengan aturan secara tidak langsung yang akan menjadi ketua sementara adalah Pak Asmadi. Pasalnya Pak Asmadi di DPC PDIP menjabat sebagai bendahara," ujar Punjul kepada Malangpostonline.com, Senin (26/8) sore.

Lebih lanjut, terpilihnya Asmadi karena jabatan tertinggi, Ketua DPC dijabat dirinya selalu Wakil Wali Kota. Begitu juga dengan sekretaris DPC yang baru dijabat oleh Syaifudin Zuhri selepas mundur dari Ketua KPU Kota Batu.

Ia merangkan, penentuan ketua dewan sementara tersebut juga mutlak dari DPC. Karena sebelumnya DPD telah mengirim tiga nama sebagai ketua sementara. Yakni Asmadi, Sampurno, dan Cahyo Edi Purnomo.

Namun, lanjut dia, dari tiga nama yang diusulkan DPC hanya memanggil Asmadi untuk fit and proper test. Artinya Asmadi bakal menjabat Ketua sementara DPRD Kota Batu.

Sedangkan untuk Wakil sementara akan dijabat oleh partai dan anggota peraih suara terbanyak. Yakni dari Ketua DPC PKB Kota Batu, Nurrohman.

Setelah pembetukan ketua sementara akan digelar rapat untuk membentuk alat kelengkapan dewan beserta perangkatnya. Mulai dari pemilihan tiga ketua komisi, banleg, banmus, badan kehormatan, dan banggar.

"Meski PDIP menang Pemilu, kami juga akan berkomunikasi dan berkoalisi dengan Parpol lainnya. Ini untuk membangun Kota Batu bersama-sama,". (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU