Bikin Bangga, Gapura Sawah Tani Butuh Support Untuk Juara

Festival Gapura Cinta Negeri
  • 26-08-2019 / 23:05 WIB
  • Kategori:Batu
Bikin Bangga, Gapura Sawah Tani Butuh Support Untuk Juara

MALANGPOSTONLINE.COM - Luar biasa. Gapura milik RW 11 Dusun Sukorembung, Desa Sidomulyo, Kota Batu berhasil jadi pemenang 10 besar Festival Gapura Cinta Negeri yang digelar Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Gapura dengan nama Gapura Sawah Tani ini bikin bangga.

Gapura berkonsep Burung Garuda tersebut berhasil mengalahkan 1.793 peserta lainnya dari seluruh Indonesia, setelah melewati proses kurasi dan penilaian  tim juri.  Gapura yang habiskan biaya Rp 5,8 juta ini dibikin selama 14 hari dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-74 RI.

"Gapura kami garap dengan bahan daur ulang dari ranting pohon yang biasanya digunakan untuk bakar-bakar. Desa Sidomulyo mayoritas warganya bertani bunga hias sehingga tidak sulit mengumpulkan bahan," ujar Roni Sitiu, Ketua RW 11 yang juga korlap pembuatan gapura.

Usia lolos 10 besar ini, Gapura Sawah Tani harus berjuang untuk menjadi juara. Rencananya akan dipilih 1 juara umum dan 1 juara favorit. Sebagai satu-satunya wakil Jatim, Gapura Sawah Tani bersaing dengan 9 gapura lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Diantara gapura dengan nama ‘Gemerlapnya Cahaya Tanglong’ di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. ‘Gapura Mengenang Kebesaran Jasa Pahlawan dan Kehebatan Nenek Moyang Pelaut’ di Kota Semarang, Jawa Tengah. ‘Gapura Edukasi, Gapura Interaksi’ di Kota Bandung, Jawa Barat.

‘Gapura Kampung Cempaka Warna Warni’ di Palembang, Sumatera Selatan. ‘Gapura SMA Kristen Barana’ di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. ‘Mantembu, Kepulauan Yapen, Papua”. ‘Gapura Ketahanan Pangan’di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

‘Kepak Sayap Garuda Hiasi GBK’ di Jakarta.  ‘Gapura Candi Kurung ( Kori Agung ) dari Botol Bekas’ di Kota Denpasar, Bali. ‘Gapura Lasem’ di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. ‘Gerbang Gapura Cinta Desa Muara Enggelam’ di Kartanegara Regency, Kalimantan Timur.

Sepintas, Gapura Sawah Tani punya peluang juara. Melihat detil dan desainnya yang unik. Untuk itu, Pemerintah Kota Batu berharap dan meminta dukungan dari semua elemen masyarakat di Kota Batu maupun Jawa Timur untuk mensupport gapura ini.

Setidaknya dari support melalui voting di media sosial  intsagram dengan cara melakukan like #GapuraCintaBatu, Gapura Sawah Tani bisa raih juara favorit. Lantaran gapura yang satu ini tak hanya jadi milik Kota Batu saja, melainkan sebagai kebanggaan Jatim.

"Sebuah kebanggaan gapura Kota Batu bisa masuk 10 besar tingkat nsional. Kurang sedikit lagi akan bisa meraih juara favorit dan juara umum. Untuk itu saya minta kepada semua elemen masyarakat untuk melakukan support," ujar Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.Si

Kepada Malangpostonline.com, Senin (26/8) siang, Punjul  menyampaikan imbauan agar pegawai Pemkot Batu, masyarakat, siswa-siswi, hingga pengusaha yang tergabung dalam PHRI Kota Batu turut bisa mensupport Gapura Sawah Tani menjadi favorit.

Untuk meraih juara, lanjut ia meminta masyarakat untuk support melalui IG. Sedangkan untuk juara umum akan ditentukan pada tanggal 29 Agustus dengan perwakilan tiga orang dari tim kreatif datang ke Jakarta. Rencananya mereka akan presentasi terkait konsep gapura ke tim juri.

Sementara itu, Ardian Endra Kusuma, Koordinator Tim Kreatif mengungkapkan bahwa pengerjaaan gapura mengedepankan kegotong royongan, kerukukan dan kreativitas. Meski awalnya ia mengaku  tak terpikirkan untuk diikutkan dalam kompetisi hingga nasional.

"Karena itu, kedatangan kami ke Pemkot ini untuk meminta dukungan vote di media sosial agar gapura Kota Batu ini mampu mendapat kategori favorit di tingkat nasional," harap Ardian pada Malangpostonline usai menemui Wakil Wali Kota Batu. (eri/bua/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU