Proyek Kereta Gantung, Pemkot Batu Libatkan Masyarakat Miliki Saham

  • 29-08-2019 / 16:46 WIB
  • Kategori:Batu
Proyek Kereta Gantung, Pemkot Batu Libatkan Masyarakat Miliki Saham KERETA GANTUNG: Alat transportasi Kereta Gantung di Kota Batu akan segera dibangun di Kota Batu.

MALANGPOSTONLINE.COM - Pemerintah Kota Batu pada tahun 2019/2020 telah menyusun rencana proyek strategis infrastuktur. Salah satunya adalah rencana strategis pembangunan transportasi Kereta Gantung yang bakal segera dikerjakan sebagai jawaban atas kemacetan yang terjadi saat musim liburan di Kota Batu.

Pengembangan proyek strategis infrastruktur Kereta Gantung yang sempat mengambang perlahan segera disosialisasikan. Namun yang terpenting dalam pembangunannya akan melibatkan warga Kota Batu sebagai pemilik sahamnya. 

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M bahwa pada bulan September depan akan digelar sosialisasi yang dikemas dalam Batu Cable Car's Gathering bagi warga Kota Batu. Dengan isi pembahasan terkait penanaman saham Kereta Gantung  bagi semua warga yang ber KTP Kota batu.

"Memang masih ada warga masyarakat yang belum paham betul apa kegunaan Kereta Gantung di Kota Batu yang diwacakan oleh Pemda. Apakah untuk kelompok tertentu atau tidak," ujar Punjul kepada Malangpostonline.com Kamis (29/8) siang.

Karena itulah, lanjut Punjul, melalui sosialisasi yang kemungkinan digelar pada Senin (9/9) bulan depan di Graha Pancasila untuk mengundang masyarakat Batu dalam pembangunan Kereta Gatung. Lebih tepatnya tahap awal sosialiasi Ketera Gantung yang pembangunannya melalui saham dari masyarakat Kota Batu. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan pembangunan Kereta Gantung ini merupakan inisiatif dari Pak Edy Rumpoko. Yang kemudian dilanjutkan oleh Bu Wali dengan pembangunannya melibatkan atau dimiliki masyarakat.

"Namun untuk teknisnya seperti apa kami belum tahu. Karena itu akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu dari pihak Pemkot dan konsultan," bebernya. 

Menurut Punjul, rencana pembangunan Kereta Gantung melalui saham masyarakat Kota Batu tersebut mencontoh dari pengelolaan Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu yang mampu bertahan dan berkembang dari saham yang dimiliki oleh 1.110 warganya. 

Diketahui rencana proyek strategis infrastuktur Kereta Gantung Pemkot Batu diperkirakan membutuhkan anggaran Rp 1 triliun. Dengan panjang rute mencapau 8 Km.  

Nantinya Kerta Gantubg ini akan memiliki tiga stasiun pemberhentian. Stasiun A berada di Dusun Gangsiran Putuk, Desa Tlekung. Kemudian dilanjutkan ke Stasiun B atau Stasiun Penghubung di Desa Oro-Oro Ombo dan berakhir di Stasiun C atau Panderman. Juga berlaku sebaliknya.

Sedangkan untuk pengerjaannya Kereta Gantung akan dimulai dari tahun 2019 untuk perencanaan. Sedangkan pembangunan dimulai tahun 2020. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU