Kota Batu Butuh Tempat Uji Kir

  • 31-08-2019 / 18:12 WIB
  • Kategori:Batu
Kota Batu Butuh Tempat Uji Kir Angkot : Banyak angkutan di Kota Batu yang tak melajukan uji KIR karena belum miliki tempat uji KIR.

MALANGPOSTONLINE.COM - Setiap enam bulan sekali ada sekitar 7000 kendaraan harus uji kir di Kota Batu. Baik untuk kendaraan pick up, taxi, hingga angkot. Namun hingga saat ini Kota Batu belum memiliki tempat uji KIR.

Hal itu dikeluhkan oleh masyarakat Kota Batu. Pasalnya pemilik kendaraan yang ada di Kota Batu harus melakukan uji kir di Kota/Kabupaten Malang. Itu membutuhkan biaya hingga tiga kali lipat.

Salah satunya adalah Totok Adi Muntolib, Sekretaris Organda Kota Batu yang mangatakan bahwa pemilik kendaraan di Kota Batu harus mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan uji KIR kendaraan. Sekali uji KIR biayanya bisa mencapai Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu.

"Terus terang saja untuk uji KIR di Kota Malang kami merasa dianak tirikan. Ngeceknya ketat. Bahkan biaya bisa tiga kali lipat mengikuti Perda yang ada," ujar Totok kepada Malangpostonline.com Sabtu (31/8) siang.

Karena itu, lanjut dia, banyak pemilik kendaraan maupun sopir angkot Kota Batu yang tidak melakukan uji KIR. Mengingat waktu yang lama hingga biaya yang lebih mahal.

"Kami harap Kota Batu memiliki tempat uji KIR sendiri. Sehingga akan menghemat anggaran yang dikeluarkan pemilik kendaraan degan biaya Rp 60 ribu saja," harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M mengatakan jika saat ini Pemkot telah mengusulkan dan mengupayakan tempat untuk uji KIR. Beberapa aset milik Pemkot yang diusulkan diantaranya Desa Junrejo, Kelurahan Sisir, Kelurahan Dadaprejo.

"Kami akan mengupayakan tempat uji KIR. Ini sangat penting. Mengingat Kota Batu sebagai destinasi wisata. Jadi banyak kendaraan dari luar daerah yang bisa numpang uji nantinya," papar Punjul.

Lebih lanjut, diungkap Punjul, dengan adanya tempat uji KIR di Kota Batu. Setidaknya bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batu melalui retribusi pendapatan. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU