Datangi Kota Batu, KPK Langsung Beri Edukasi Pencegahan Korupsi

  • 10-09-2019 / 12:48 WIB
  • Kategori:Batu
Datangi Kota Batu, KPK Langsung Beri Edukasi Pencegahan Korupsi EDUKASI: Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si mendapat edukasi pemberantasan korupsi dalam bus KPK di lapangan parkir Balai Kota Among Tani Penkot Batu, siang ini.

MALANGPOSTONLINE.COM, BATU - Roadshow KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi sambangi Kota Batu Selasa (10/9) pagi ini. Lembaga antirasuah ini diwakili Penasehat KPK, Sarwono Sutikno. Sedangkan kegiatan berlangsung dua hari dibuka Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si. 

Dewanti menyampaikan, kedatangan KPK dengan busnya untuk mengedukasi dan mendektakan diri dengan semua elemen masyarakat Kota Batu.

"Tahun ini Jawa Timur, khususnya Kota Batu menjadi tempat Roadshow KPK. Kami bersyukur mendapat kesempatan itu," ujar Dewanti. 

Dia menyampaikan, Pemkot Batu jauh sebelumnya sudah melakukan koordinasi, supervisi, pencegahan,  pelaporan LHKPN dan pencegahan gratifikasi dengan KPK. Ada juga kegiatan sosialisasi pencegahan pungli dengan Kepolisian. 

"LHKPN pejabat Kota Batu telah 100 persen," bebernya. 

Selain itu, ungkapnya, jelajah negeri road show KPK menggunakan bus sangat tepat. Kegiatan ini bisa digunakan untuk pencegahan dini korupsi sejak usia sekolah. 

Pemkot Batu, jelas Dewanti, juga memiliki penguatan dalam mencegah pendidikan sejak dini korupsi dengan pendidikan karakter. Bahkan Pemkot sudah membuat Perwali pendidikan anti korupsi yang direalisasikan dalam setiap mata pelajaran.

Tak hanya itu, Pemkot Batu telah menyiapkan regulasi untuk menetapkan unit kerja sebagai rintisan wilayah bebas korupsi. Tahun ini ditargetkan 10 unit kerja.

"Tidak berhenti dengan Roadshow KPK ini akan ditindaklanjuti dengan rintisan unit kerja rintisan BPK. Diantaranya Dispenduk, Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja, Dinkes, Dindik, BKD, Inspektorat, Kec. Batu, Kec. Junrejo, Kec. Bumiaji, dan bagian layanan pengadaan setda dengan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, dan tramsparan," urainya.

Sementara itu Penasehat KPK, Sarwono Sutikno menambahkan, roadshow KPK ini dalam rangka membantu Pemkot Batu untuk meningkatkan pelayanan, PAD, dan tata kelola birokrasi agar lebih bermanfaat bagi kehidupan rakyat. 

"Fokus kegiatan melalui bus KPK ini untuk pencegahan korupsi. Lebih tepatnya upaya preventif agar tidak terjadi korupsi di Pemkot Batu," paparnya singkat. 

Rangkaian kegiatan diawali dengan penandatanganan pakta integritas sebagai zona bebas korupsi oleh Wali Kota Batu. Peninjauan ke bus KPK, penandatanganan anti korupsi, dan peninjauan stan pelayanan rintisan anti korupsi milik Pemkot Batu dilakukan Wali Kota bersama perwakilan KPK.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kejari Kota Batu, Sri Heny Alamsari, Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto, Ketua DPRD Sementara Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo, Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad, dan para Kepala OPD Pemkot Batu.(eri/feb/Malangpostonline.com)

Editor : feb
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU