Polres dan DLH Wacanakan Bayar Tilang dan Pajak dengan Sampah

  • 11-09-2019 / 16:16 WIB
  • Kategori:Batu
Polres dan DLH Wacanakan Bayar Tilang dan Pajak dengan Sampah Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto SIK M.Si

MALANGPOSTONLINE.COM, BATU - Sampah jadi persoalan lingkungan jika tak dimanfaatkan dengan baik. Dari persoalan itulah Polres Batu akan bekerja sama dengan DLH Kota Batu berinovasi bayar pajak dan tilang kendaraan bermotor dengan sampah. 

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto SIK M.Si bahwa pihaknya akan segera meluncurkan inovasi bayar pajak dan tilang dengan sampah.

"Sesegera mungkin kami akan menerapkan bayar pajak dan sampah dengan sampah. Rencananya kami akan bekerja sama dengan DLH dalam untuk mengurangi sampah di Kota Batu," ujar Buher, sapaan akrab Kapolres Batu kepada Malangpostonline.com Rabu (11/9) ini.

Ia menjelaskan, untuk aturan masih dalam pembahasan dengan DLH. Karena DLH sebelumnya telah membuat inovasi pembayaran PBB dengan menggunakan sampah bekas.

Dalam menjaga lingkungan, Buher menjadi salah satu Kapolres yang meraih penghargaan Kapolres Pelopor Peduli Lingkungan bersama dengan relawan Sabers Pungli sebagai Relawan Super Peduli Lingkungan yang diberikan Badan Musyawarah antar Gereja LKKI bersama YPPII Kota Batu, Selasa (10/9) kemarin. 

Sementara itu, Kepala DLH Kota Batu, Arief As Siddiq mengungkapkan dengan adanya pembayaran pajak dan tilang kendaraan dengan sampah mampu menekan volume sampah di Kota Batu. Khususnya sampah bekas yang bisa didaur ulang. 

"Kami sangat mendukung adanya inovasi ini. Saat ini regulasi pembayaran denda tilang dan pembayaran pajak kendaraan bermotor tengah dibuat," bebernya.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa setiap harinya Kota Batu menghasilkan sampah di mencapai 60 ton pada hari biasa. Sedangkan hari libur meningkat menjadi 80 ton.

Ia menegaskan, pembayaran pajak dan tilang dengan sampah ini bisa dimulai paling lambat tahun 2020. Dengan kemungkinan akan menggandeng bank sampah di Kota Batu. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU