Cegah HIV/AIDS PMI Gelar Lomba Kesehatan Antar Remaja

  • 15-09-2019 / 15:35 WIB
  • Kategori:Batu
Cegah HIV/AIDS PMI Gelar Lomba Kesehatan Antar Remaja Praktik : Peserta lomba kesehatan remaja dan pertolongan pertama antar Palang Merah Remaja (PMR) tengah melalukan praktik pertolongan dasar di Balai Kota Among Tani Batu, Minggu (15/9) siang.

BATU - Pergaulan bebas menjadi permasalahan bagi generasi muda untuk terjangkit HIV/AIDS. Khususnya bagi pelajar di Kota Batu. Karena itulah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu menggelar lomba kesehatan remaja dan pertolongan pertama antar Palang Merah Remaja (PMR) di Balai Kota Among Tani Batu, Minggu (15/9) siang.

Kepala Markas PMI Kota Batu, Abdul Mutholib mengatakan bahwa perlombaan yang digelar bertujuan untuk menekan potensi penyebaran HIV/AIDS di Kota Batu. Karena menurutmya ancaman penyakit HIV/AIDS berpotensi pada remaja di Kota Batu akibat dari beberapa faktor seperti seks bebas maupun penggunaan obat terlarang.

"Lomba kesehatan remaja ini untuk mengedukasi remaja di Kota Batu yang tergabung dalam PMR. Serta untuk mencegah remaja agar lebih waspada karena pergaulan bebas yang berakibat pada HIV/AIDS," ujar Tholip kepada Malangpostonline.com siang ini.

Diketahui, dari data BPS Kota Batu tahun 2018, Dinas Kesehatan Kota Batu mencatat ada 45 pengidap HIV/AIDS. Terdiri dari Kecamatan Batu 36 orang, Kecamatan Junrejo 6 orang, dan Kecamatam Bumiaji 3 orang.

"Karena itulah kami berharap dengan adanya perlombaan ini mampu menekan dan mencegah penularan HIV/AIDS sejak dini," imbuhnya.

Sementara itu untuk lomba yang digelar meliputi, teknik dasar pertolongan pertama, pemeriksaan fisik, hingga pencatata. Dengan perlombaan tingkat SMP sederajat terdapat 11 unit PMR dari 15 SMP. Sedangkan untuk SMA sederajat terdapat 10 unit PMR dari 12 SMA di Kota Batu.

Nantinya pemenang dari lomba tersebut akan mendapatkan hadiah piala bergilir dan uang pembinaan. Dengan juara I mendapat uang pembinaan Rp. 1,5 Juta, juara II Rp. 1 Juta, dan juara III mendapat Rp. 750  ribu. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT ke 74 PMI. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU