Oknum Perumdam Among Tirto Kota Batu Curi Barang Antik

  • 16-09-2019 / 12:38 WIB
  • Kategori:Batu
Oknum Perumdam Among Tirto Kota Batu Curi Barang Antik TERSANGKA: Tersangka Husein Ahmad Thalib (47) warga Jalan Welirang, Kelurahan Temas, Kecamatan/Kota Batu bersama barang bukti curiannya di Mapolres Batu, Senin (16/9) siang ini.

BATU - Pencuri barang antik berhasil diringkus oleh Polres Batu. Ironisnya tersangkanya adalah oknum Perumdam Among Tirto Batu bernama Husein Ahmad Thalib (47) warga Jalan Welirang Kelurahan Temas Kecamatan/Kota Batu.

Tersangka berhasil diamankan anggota unit reskrim Polsek Batu pada 6 September 2019 lalu. Salah satu satu sasaran tempat curian di rumah mendiang Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial, Munir Said Thalib.

Kasat Reskrim Polres Batu AKP Hendro Triwahyono M.H mengatakan, sebelum ditangkap, tersangka melakukan pencurian pada tanggal 23 Agustus sekitar pukul 22.00. Namun, korban atas nama Rasyid Said Thalib baru melaporkan pencurian ke Polsek Batu tanggal 2 September 2019.

"Saat pelaporan, korban mengungkapkan bahwa barang antik di rumah miliknya hilang, kemudian dilakukan tindak lanjut," ujar AKP Hendro kepada Malangpostonoine.com siang ini.

Lebih lanjut, diungkap Hendro, bahwa tersangka melakukan pencurian tanpa merusak pagar dan pintu rumah. Karena rumah yang dicuri adalah rumah yang tidak dihuni.

"Berdasarkan penyelidikan dari kolektor barang antik di Kota Batu, kami mendapati tersangka yang menjual kemudian berhasil mengamankan tersangka di rumahnya bersama barang buktinya," bebernya. 

Selain melakukan pencurian di Jalan Diponegoro, tersangka mengaku juga pernah melakukan pencurian di Jalan Panglima Sudirman bekas rumah Belanda dan Jalan Mawar, Kecamatan/Kota Batu. Dengan pencurian yang sama.

"Saya sudah melakukan pencurian di tiga tempat bersama teman. Totalnya ada sembilang barang antik seperti lemari dan buffet. Beberapa barang sudah terjual," beber tersangka.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa barang antik, uang hasil penjualan Rp 4 juta dan mobil satu Grand Max untuk mengangkut barang. Sedangkan rekannya atas inisial CH berhasil kabur membawa uang penjualan Rp 9 juta dan kini tengah menjadi DPO Polres Batu.

Akibat dari perbuatannya, tersangka diancam pasal 363 tentang pencurian. Ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (eri/lim/Malangpostonline.com)

Editor : lim
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU