Harga Bawang Merah Anjlok, Dinas Pertanian Fasilitasi Stand di Balai Kota

  • 19-09-2019 / 16:13 WIB
  • Kategori:Batu
Harga Bawang Merah Anjlok, Dinas Pertanian Fasilitasi Stand di Balai Kota Layani : Anggota Gapoktan Torong Makmur, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu tengah melayani pegawai Pemkot yang membeli bawang merah di halaman Balai Kota Among Tani Batu, Kamis (19/9) siang.

MALANGPOSTONLINE.COM, BATU - Panen raya bawang merah dikeluhkan oleh petani bawang di Kota Batu. Pasalnya dengan banyaknya produksi bawang membuat harga jual merosot tajam. Hal tersebut selalu berulang ketika panen raya terjadi.

Namun untuk mengatasi turunnya harga bawang merah saat memasuki panen raya bulan ini, Dinas Pertanian Kota Batu bergerak cepat dengan membuka stand penjualan bawang merah dari petani langsung ke konsumen. Stand bertempat di halaman Balai Kota Among Tani Batu digelar mulai 18-20 September.

Anggota Gapoktan Torong Makmur, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Sutri mengatakan bahwa memasuki panen raya bawang merah petani tak bisa mendapat untuk maksimal. Pasalnya harga bawang merah dari petani ke tengkulak hanya Rp 5000 per Kg.

"Panen raya bawang merah membuat harga turun tiga kali lipat. Dari harga normal Rp 15-20 ribu menjadi Rp 5 ribu ke tengkulak," ujar Sutri kepada Malangpostonline.com Kamis (19/9) siang.

Karena itulah, 11 kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Torong Makmur, Desa Torongrejo mengeluhkan hal tersebut. Kemudian ditanggapi oleh Dinas Pertanian dengan membukakan stand di Balai Kota Among Tani Batu dengan harga jual bawang merah Rp 9000 per Kg.

"Setidaknya dengan adanya stand ini petani bawang bisa terbantu. Karena memotong mata rantai tengkulak yang membeli bawang ke petani di bawah rata-rata," bebernyam

Sementara itu, Pendamping Petani Program Smart City Dinas Pertanian, Icuk Subiantoro menambahkan jika stand yang dibuka untuk menampung keluhan petani Torongrejo ke Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) dan  Tenaga Pendamping Petani (TPP) Smart City, Dinas Pertanian yang resah karena hasil panen dibeli murah oleh tengkulak saat panen raya.

"Dinas Pertanian bergerak cepat untuk membuka stand penjualan bawang merah dari petani langsung ke konsumen bertempat di Balai Kota Among tani Batu. Kegiatan basar bawang merah ini dilaksanakan hari Rabu (18/9) hingga Jumat (20/9) besok mulai pukul 08.00 WIB," bebernya. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU