Banyak Temuan Benda Purbakala, Kota Batu Butuh Museum Purbakala

  • 07-10-2019 / 17:16 WIB
  • Kategori:Batu
Banyak Temuan Benda Purbakala, Kota Batu Butuh Museum Purbakala Candi: Candi Songgoriti merupakan peninggalan purbakala dengan banyak arca yang perlu diamankan dalam museum.

Malangpostonline.com, BATU - Banyak penemuan peninggalan benda cagar budaya di Kota Batu. Hal itu dicatat oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur jika pihaknya menyimpan 49 buah benda cagar budaya.

Dengan banyaknya penemuan benda cagar budaya itulah diungkap oleh BPCB Trowulan Jawa Timur bahwa Kota Batu sudah seharusnya memiliku Museum Purbakala. Mengingat ada banyak banyak temuan benda purbakala di kota berjuluk Swiss Kecil ini.

Arkeolog BPCB Jatim di Trowulan, Nugroho Harjo Lukito mengatakan bahwa hingga saat ini, ada puluhan arca yang ditemukan di Kota Batu dan diamankan di Museum Trowulan. Jumlah tersebut belum termasuk arca yang hingga saat ini masih berada di lokasi, seperti Arca Ganesha di Desa Torongrejo.

"Kota Batu memang perlu membangun Museum Purbakala untuk edukasi warga dan wisatawan. Pasalnya di Kota Batu ini banyak sekali barang-barang temuan purbakala," ujar Nugroho kepada Malangpostonline.com

Dengan banyaknya benda purbakala yang ditemukan itulah ia berharap di Kota Batu segera di bangun Mesuem. Karena selain eukasi, dengan adanya Museum peninggalan purbakala lebih terlindungi.

Ia mencatat, temuan terakhir untuk benda peninggalan bersejarah di Kota Batu adalah temuan Koin Kepeng China di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. Kemudian akhir tahun 2018 lalu ada Punden Rondo Kuning di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Kedua temuan benda purbakala tersebut masih dalam proses lebih lanjut untuk dilakukan penelitian. 

Sementara itu dari data Dinas Pariwisata Kota Batu untuk temuan purbakala dari Kota Batu sebanyak 49 buah. Dengan benda purbakala berupa fragmen arca atau arca yang disimpan di Museum Trowulan, Kabupten Mojokerto.

Sedangkan untuk benda purbakala yang masih berada di Kota Batu sejumlah 37 buah. Benda purbakala tersebut terdiri dari arca, situs, dan bangunan kuno yang sedang pemberkasan untuk penetapan. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU