Hindari Harga Tak Stabil, Dua Cold Storage Akan Dibangun

  • 27-10-2019 / 18:18 WIB
  • Kategori:Batu
Hindari Harga Tak Stabil, Dua Cold Storage Akan Dibangun

Malangpostonline.com, BATU - Menghindari turunnya harga hasil produksi pertanian di Kota Batu, baik buah hingga sayuran saat panen raya. Membuat Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pertanian merencanakan pembangunan dua cold storage di Kota Batu.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Batu, Ir. Sugeng Pramono bahwa pembangunan sentra atau tempat penyimpanan dingin (cold storage.red) untuk beberapa komoditas pangan bertujuan untuk mengendalikan harga bahan pokok di tingkat petani. Sehingga baik saat jumlah produksi surplus atau minus hargany tetap stabil.

"Dengan pembangunan cold storage di tahun depan atau 2020 maka akan menguntungkan para petani. Sebab, petani telah memasuki panen raya, setidaknya ada suatu tempat penyimpanan besar untuk hasil taninya," ujar Sugeng kepada Malangpostonline.com

Ia menjelaskan, selain untuk penyimpanan produk pertanian bagi petani Kota Batu. Dengan adanya cold storage hasil pertanian juga tidak akan mudah rusak. Sehingga petani tidak akan merugi dengan adanya cold storage.

"Jadi nanti waktu panen puncak tempat penyimpanan bisa menyerap dan memberi harga yang menguntungkan petani. Sebaliknya, pada saat musim tanam, panen rendah, paceklik, atau terjadi bencana alam, produk yang disimpan bisa dikeluarin. Ini juga menjaga inflasi," bebernya.

Untuk Kota Batu, diungkap Sugeng ada banyak komoditas yang harganya sering naik turun. Mulai dari apel, cabai, hingga bawang. Dengan adanya cold storage diharapnya semua komoditas bisa dijaga kestabilan harganya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Batu, M. Chori menambahkan bahwa untuk pembangunan cold storage bakal dilaksanakan di tahun 2020. Tujuannya untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian.

"Untuk cold storage ini kami harap mampu menampung hasil pertanian saat panen raya. Sehingga tetap menjaga nilai harga akibat over produksi," bebernya.

Ia manambahkan, pembangunan cold storage rencananya akan diletakkan di dua lokasi. Yakni di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu dan Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo diperkirakan menghabiskan biaya sekitar Rp 10 miliar. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU