Mia Lubis Terpilih Presiden, Empat Sekjen Berebut Suara

  • 14-11-2019 / 20:22 WIB
  • Kategori:Batu
Mia Lubis Terpilih Presiden, Empat Sekjen Berebut Suara Penghargaan : Plt. Presiden KAI Siti Jamailah Lubis memberikan piagam penghargaan kepada Ketua DPD Jatim, Abdul Malik dalam Kongres Nasional III Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang dimulai sejak Kamis (14/11) sore di Dendrobium Hall Kusuma Agrowiata Kota Batu.

Malangpostonline.com, BATU - Siti Jamailah Lubis dipastikan terpilih secara aklamasi dalam Kongres Nasional III Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang dimulai sejak Kamis (14/11) sore di Dendrobium Hall Kusuma Agrowiata Kota Batu. Terpilihnya Mia Lubis karena tak ada calon kuat lainnya dalam pemilihan Presiden KAI periode 2019-2024. 

Dalam kongkres yang dibuka oleh Plt. Presiden KAI, Siti Jamailah Lubis menyampaikan dalam pidatonya bahwa banyak masyarakat yang memutuhkan keadilan. Karena itu ia berpesan agar anggota KAI tidak semata-mata mencari uang.

"Anggota KAI harus membantu masyarakat yang mencari keadilan.  Ini merupakan pesan dan motivasi yang selalu disampaikan oleh alm. Presiden KAI, Indra Sahnun Lubis selaku presiden KAI sebelumnya," ujar Mia Lubis dalam sambutanya, Kamis (14/11) sore ini.

Tak hanya itu, ia juga meminta agar anggita KAI tak gentar mengkritik pemerintah jika tidak benar. Selama kritik yang yang dilakukan membangun. 

Bhineka : Plt. Presiden KAI Siti Jamailah Lubis bersama Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si membuka Kongres Nasional III Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang dimulai sejak Kamis (14/11) sore di Dendrobium Hall Kusuma Agrowiata Kota Batu.

"Misalnya saja seperti adanya dewan pengawas KPK yang mau dipilih dari mantan napi. Kita bicara soal itu dengan lantang karena memang adanya ketidak adilan hukum. Sebagai advokat harus berani untuk membela kebenaran dan menegakkan hukum," tegasnya. 

Mia Lubis memperingatkan anggotanya agar anggotanya menegakkan etika profesi untuk mewujudkan profesi advokat sebagai penegak hukum yang profesional dan berintegritas. Bahkan tak segan mengeluarkan anggotanya yang bermasalah. 

Ia juga meminta agar dalam pemilihan Presiden dan dilakukan secara demokratis. Seiapapun yang terpilih sebagai Sekjen KAI secara demokratis harus didukung. Sementara untuk Presiden KAI suda jelas 34 DPD mendukung penuh dirinya sebagai Presiden KAI 2019-2024.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si menyampaikan dengan digelarnya Kongres Nasional yang diikuti oleh ratusan advokat seluruh Indonesia mampu memberikan sumbangsi bagi masyarakat. Pasalnya dengan SDM yang sangat mumpuni, para advokat mampu memberi pencerahan kepada masyarakat agar melek hukum. 

"Kami berharap dengan adanya kongres yang digelar KAI mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat agar melek hukum. Selain itu bagi Presiden terpilih dan Sekjen terpilih saya berpesan agar memiliki komitmen tinggi dalam membela kebenaran dan keadilan," bebernya kepada Malangpostonline.com singkat.

Ketua Steering Committee (SC) Kongres Nasional III KAI, Abdul Malik menambahkan bahwa peserta yamg hadir dalam kongres ada 760 peserta dari 33 DPD seluruh Indonesia. 

Dengan jalannya konres pada hari pertama adalah pembukaan dan laporan pertanggung hawaban dari DPP kepada DPD. Sedangkan hari ini adalah pemilihan Presiden yang dipastikan dijabat oleh Mia Lubis dan Sekjen KAI dengan empat calon kuat dari sembilan calon yang ada. 

Empat calon Sekjen yang bakal memperbutkan kursi tersebut Abdul Malik selaku Ketua DPD KAI Jatim, John Jesky Sada Ketua DPD KAI Manado, Apolos Jarabonga yang saat ini menjadi Sekjen DPP KAI, dan Herman Kadir selaku Vice President DPP KAI.

"Untuk pemilihan Sekjen ini nantinya yang berhak memilih adalah peserta yang hadir dengan one man one vote. Dengan suara terbanyak akan terpilih sebagai Sekjen," pungkasnya.

Disisi lain, dalam kongres tersebut para peserta mengenakan pakaian adat masing-masing daerah. Hal itu menunjukkan bahwa KAI menjunjung kebhinekaan. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU