Bau Tak Sedap Menguar di TPA Tlekung, Dewan Desak DLH Pengadaan Mesin Pengolah Sampah Tiap Desa

  • 19-11-2019 / 16:27 WIB
  • Kategori:Batu
Bau Tak Sedap Menguar di TPA Tlekung, Dewan Desak DLH Pengadaan Mesin Pengolah Sampah Tiap Desa SIDAK: Ketua Komisi C DPRD Batu, Khamim Thohari saat sidak ke TPA Tlekung, Selasa (19/11) siang. 

Malangpostonline.com, BATU - Bau sampah di TPA Tlekung yang menguar mencapai 1-2 Km di permukiman warga Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu membuat perwakilan masyarakat atau anggota DPRD Kota Batu sidak ke lokasi Selasa (19/11) siang. 

Hasilnya DPRD Batu berencana untuk mendorong DLH Kota Batu melakukan pengadaan alat pengolah sampah 24 desa/kelurahan di Kota Batu. Pengadaan mesin sampah tersebut dilakukan agar semua sampah tidak ditampung di TPA Tlekung. Tapi dikelola di masing-masih desa/kelurahan.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi C DPRD Batu, Khamim Thohari saat meninjau ke TPA Tlekung, Selasa (19/11) siang. "Sidak yang kami lakukan atas keluhan masyarakat Desa Tlekung akibat bau sampah yang tak diolah dengan baik," ujar Khamim kepada Malangpostonline.com siang tadi.

Karena itu, pihaknya akan meminta DLH untuk pengadaan mesin pengolah sampah di setiap desa. Dengan perhitungan anggaran per unit mesin pengolahan sampah tiap desa/kelurahan Rp 300 juta.

"Nantinya per desa/kelurahan kami kasih alat pengolah sampah plastik untuk dijadikan paving. Sehingga limbah tiap desa/kelurahan dapat dimanfaatkan dan tak bertumpuk di TPS Tlekung semuanya," bebernya. 

Lebih lanjut, untuk pengadaan alat pengolah sampah rencana dimulai tahun 2020. Pada PPAS tahun 2020 ini DLH Kota Batu merencanakan anggaran untuk pengolahan persampahan senilai Rp 2,3 miliar.

Karena itu, tahun depan direcanakanan ada empat hingga lima unit alat yang beli. Mengingat pengolahan sampah sangat dibutuhkan di Kota Batu yang menjadi destinasi pariwisata dan semakin padatnya penduduk dengan per hari sampah yang di produksi mencapai 60 ton. Sedangkan hari libur atau weekend mencapai 70-80 ton.

Selain itu, DRPD Kota Batu juga akan berkoordinasi dengan BUMDES agar bisa mengedukasi masyarakat untuk mengelola sampah dengan bijak. Sehingga Kota Batu menjadi menjadi kota yang aman dan nyaman. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU