Jaga Kelestarian dan Mata Air, Among Tirto Gelar Putra Putri Air Kota Batu

  • 20-11-2019 / 16:10 WIB
  • Kategori:Batu
Jaga Kelestarian dan Mata Air, Among Tirto Gelar Putra Putri Air Kota Batu BUKA: Dirut Perumdam Among Tirto, Edi Sunaedi membuka pemilihan Putra Putri Air Kota Batu di Kantor Perumdam Kota Batu, Rabu (20/11) siang .

Malangpostonline.com, BATU - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto  Kota Batu menggelar pemilihan Putra Putri Air yang diikuti oleh pelajar SMA/K se Kota Batu Rabu (20/11) siang. Digelarnya pemilihan Putra Putri Air agar generasi milenial turut berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan dan mata air di Kota Batu.

Dirut Perumdam Among Tirto, Edi Sunaedi menyampaikan bahwa tujuan digelarnya Putra Putri Air yang menyasar generasi milenial agar menjadi corong sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk terus menjaga keberlangsungan air di Kota Batu.

Dalam pelaksanaanya yang digelar mulai Rabu (20/11) di Kantor Perumdam Aming Tirto kemarin, ada 18 siswa dan siswi dari sembilan SMA dan SMK se kota yang berpartisipasi dalam pemilihan. Nantinya mereka yang terpilih akan diumumkan dalam kegiatan Selamatan Sumber Binangun pada 23 November ke depan.

"Pemilihan Putra Putri Air yang kamu gelar karena saat debit air di Kota Batu mengalami penurunan. Tercatat pada tahun 2017 debit air sekitar 235 liter per detik menjadi 227 liter per detik pada tahun 2018 dan pada tahun 2019 debit air kembali menurun menjadi 211 liter per detik dari enam sumber yang digunakan oleh Perumdam di Kota Batu," ujar laki-laki yang akrab disapa Sokek ini kepada Malangpostonline.com

Ia menjelaskan menurunnya debit air ini karena beberapa faktor. Seperti eksploitasi SDA berlebihan, tidak dijaganya alam, hingga penggalian sumur bor secara ilegal. Pihaknya mendata ada 55 sumur bor ilegal di kota Batu. Jumlah itu masih belum terdata secara menyeluruh.

"Karena itulah di HUT ke 18 Kota Batu kami berinisiatif menggelar Putra Putri Air yang pertama kalinya di Kota Batu. Sehingga air sebagai kebutuhan utama sumber kehidupan tetap terjaga dan lestari hingga anak cucu kita," bebernya. 

Para peserta yang berpartisipasi hingga tiga hari kedepan mereka akan mendapat materi tentang motivasi dan pengetahuan tentang air. Kemudian membuat esai bertemakan lingkungan hidup dan mata air. Sedangkan untuk penilaian dari kemampuan anlisis, orisinilitas tulisan, ide gagasan dan solusi, serta penilaian orasi saat didepan publik. 

Sementara itu, pada puncak acara nanti 23 November di Sumber Binangun nantinya akan digelar Njagong Sumber dengan nara sumber Ir Bambang Irianto sebagai penggagas gerakan menabung air dan Ir Arief Lukman Hakim, sebagai penyuluh konservasi air minum dan tanah dari Univ Brawijaya Malang, serta Mirelle Ulalabol sebagai pemerhati lingkungan.

"Kemudian nanti kami juga akan melakukan MoU bersama Wali Kota, masyarakat, dan swasta agar setiap perkantoran negeri, swasta, dan rumah untuk membuat biopori sebagai gerakan menabung air,” bebernya.

Lebih lanjut, bagi pemenang Putra Putri Air setiap tiga bulan akan mendapatkan pembinaan secara berkelanjutan. Kemudian di tahun depan Perumdam Among Tirto akan membuka lebih luas cakupan Putra Putri Air menjadi Duta Air. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU